Pages

Selasa, 29 Mei 2012

Bunions, Benjolan pada Sendi di Pangkal Jempol Kaki

img

Deskripsi

Bunion adalah suatu benjolan abnormal tulang yang terbentuk pada sendi di pangkal jempol kaki. Bunions terbentuk ketika jempol kaki mendorong atau melawan jari-jari kaki Anda yang lain dan memaksa sendi pada jempol kaki menuju arah yang berlawanan menjauhi profil normal kaki Anda.

Selanjutnya, sendi pada pengkal jempol kaki Anda akan membesar seperti benjolan dan menyebabkan rasa sakit.

Penyebab

Bunions dapat terjadi karena beberapa alasan, tapi penyebab umumnya adalah karena pemakaian sepatu yang terlalu pas di kaki. Bunions juga dapat berkembang sebagai hasil dari cacat struktural warisan, stres pada kaki Anda dan kondisi medis, seperti arthritis.

Bunions berkembang ketika tekanan yang terjadi pada bantalan sendi dan tendon di kaki tidak merata. Ketidakseimbangan dalam tekanan tersebut dapat membuat sendi jempol kaki Anda tidak stabil dan tumbuh menjorok keluar dari bentuk normal kaki Anda.

Gejala

Tanda-tanda dan gejala bunions meliputi:

1. Muncul benjolan menonjol di bagian luar pangkal jempol kaki
2. Pembengkakan, kemerahan atau nyeri di sekitar sendi jempol kaki
3. Penebalan kulit di dasar jempol kaki
4. Kapalan diantara jari-jari kaki pertama dan kedua yang tumpang tindih
5. Nyeri yang terus menerus
6. Gerakan jempol kaki terbatas

Pengobatan

Pilihan pengobatan bervariasi, tergantung pada beratnya bunions yang Anda derita dan rasa sakit yang Anda rasakan. Pengobatan pada bunions ringan dapat dilakukan dengan perawatan konservatif non bedah yaitu meliputi:

1. Menggunakan sepatu yang nyaman dan menyediakan banyak ruang untuk jari kaki.
2. Padding dan tapping yang akan dilakukan dokter untuk mengembalikan jari kaki Anda dalam posisi normal. Hal ini dapat mengurangi stres pada bunion dan mengurangi rasa sakit.
3. Obat-obatan seperti Acetaminophen (Tylenol, others), ibuprofen (Advil, Motrin, others) atau naproxen (Aleve) dapat membantu mengontrol rasa sakit bunion
4. Suntikan kortison juga dapat membantu meringankan rasa sakit akibat bunions.

Jika pengobatan konservatif tidak meringankan bunions yang Anda derita, Anda mungkin perlu operasi. Pembedahan ini tidak dianjurkan kecuali bunions menyebabkan Anda sakit atau sering mengganggu aktivitas harian Anda.

Operasi bunions dikenal dengan bunionectomy bukan tanpa risiko. Selain itu, Anda mungkin masih dapat merasakan rasa sakit atau Anda bisa mengembangkan bunion baru di sendi jempol kaki Anda setelah operasi. Pertimbangkan untuk mencoba pengobatan konservatif sebelum memilih proses bunionectomy.



Sumber


0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More