Pages

Sabtu, 19 November 2011

Model Kendaraan yg di tumpangi Hittler...

Mercedes-Benz G-4 Wagen, Salah Satu Mobil Aneh Buatan Nazi (Perhatikan Ban Belakangnya)!

Sebuah mobil Mercedes-Benz G-4 terparkir di sebelah kereta api bersejarah yang menjadi lokasi upacara penyerahan Prancis ke tangan Hitler pada tahun 1940


Para prajurit Wehrmacht bertampang culun ini (jarang-jarang lho!) sedang mengagumi kekinclongan bagian depan dari Mercedes-Benz G-4
 
Adolf Hitler bersama dengan Gerd von Rundstedt di sampingnya sedang 'bercengkerama' dengan rakyat Jerman di atas Mercedes-Benz G-4 dalam masa-masa awal Perang Dunia II dimana negara tersebut menang perang dimana-mana. Anehnya, saya melihat dalam foto ini supir hitler, SS-Sturmbannführer Heinz Linge, malah nongkrong di belakang sang Führer. Lah, terus siapa dong yang mengemudi? Kemungkinan besar Wewe Gombel!

Panglima Luftwaffe Hermann Göring di atas Mercedes-Benz G-4. Berdasarkan apa yang saya ketahui, di belakangnya adalah Sepp Dietrich, Arthur Seyß-Inquart dan Karl-Heinrich Bodenschatz

Mercedes-Benz G-4 milik keluarga kerajaan Spanyol yang masih tersisa saat ini

 Informasi umum dari Mercedes-Benz G4 (seri W 31) :

Mobil offroad untuk mengangkut beban berat yang diproduksi oleh Nazi Jerman
Diproduksi dari tahun 1934 sampai dengan 1939
Jumlah unit yang diproduksi : 57 buah
Saat ini, 3 buah mobil masih tersisa utuh dan dikategorikan sebagai barang otentik 100%. Unit lain selainnya bukannya tidak ada, hanya saja telah termasuk mobil yang direnovasi kembali dan juga imitasi (sama dengan banyak varian Mercedes klasik lainnya). Salah satu dari G-4 yang masih tersisa tersebut dimiliki oleh keluarga kerajaan Spanyol. Mari kita sedikit bedah mobil tersebut :

Tahun buat : 1939
Dipesan oleh kantor Kanselir Reich di Berlin
Dihadiahkan kepada jenderal Francisco Franco sang penguasa Spanyol saat itu
Saat ini menjadi salah satu koleksi mobil paling berharga yang dimiliki oleh keluarga kerajaan
Dirawat dan dikelola oleh Penjaga Kerajaan di Istana El Pardo di Madrid
Direstorasi di Mercedes-Benz Classic Center dari September 2001 sampai Desember 2004. Perintah: Perbaikan komponen teknis, tidak ada pekerjaan restorasi untuk bagian bodi-nya, interior ataupun pelindung atap lunak supaya keaslian mobil ini tetap terjaga. Komponen asli dan tua yang masih bagus sebisa mungkin dipertahankan. Komponen non-orsinil boleh diganti dan diproduksi ulang berdasarkan gambar blueprint.

Data teknis : Mercedes-Benz G-4, seri W 31, 1934 - 1939

Spesifikasi :
Jarak roda: 3100 + 950 mm
Lebar track depan/belakang: 1620/1570/1570 mm
Dimensi (panjang x lebar x tinggi) : 5360-5720 x 1870 x 1900 mm (dengan atap konvertibel)
Radius putaran : 17 meter
Berat : sekitar 3700 kg (dalam kondisi siap dikendarai)
Batas berat kotor yang diizinkan : 4400 kg
Kecepatan puncak yang bisa ditoleransi ban : 67 km/jam
Konsumsi bahan bakar : 28 liter/100 km (aspal), 38 liter/100 km (offroad)
Kapasitas tangki bahan bakar : 90 liter, dalam beberapa unit mencapai 140 liter

Mesin
Daimler-Benz M24 atau M24 II eight-cylinder in-line engine
CC : awalnya 5018 cc, kemudian menjadi 5401 cc
bore x stroke : 86 x 108 mm / 88 x 111 mm
Tenaga : 100 hp / 110 hp di 3400/menit
Tenaga putaran : 28,8 mkg di 1400/menit
Rasio kompresi : 1:5,6 / 1:5,2
Formasi campuran : sebuah karburator ganda
Katup-katup : overhead, lateral camshaft, digerakkan oleh gigi persneling
Pendingin : pompa, 26 liter air
Pelumas : force-feed, 10 liter oli
Baterai aki : 12 V 60 Ah / 12 V 105 Ah
Alternator : 130 kW
Motor starter : 1,5 hp / 1,8 hp

Transmisi
Roda belakang empat penggerak, dua gardan yang mampu mengunci sendiri
Kopling : single-plate dry clutch
Transmisi : four-speed manual dan countershaft transmission
Rasio : I/4.10, II/2.21, III/1.49, IV/1.00
Rasio mengemudi untuk countershaft transmission: jalan/1.00, offroad/3.06

Sasis
Box-section frame
Suspensi roda depan : rigid axle, semi-elliptic springs
Suspensi roda belakang : dua rigid axles, satu semi-elliptic spring untuk dua roda di masing-masing sisi
Kemudi : helical spindle
Rem : dual-circuit system, hydraulic with vacuum assistance, acting on front and rear wheels; mechanical hand-operated parking brake, acting on front wheels
Pelumasan : central
Roda : steel disc wheels with drop center rims, ukuran L 4.00 F x 17; with self-sealing tires: ukuran 6.00 F x 17
Ban : 7.5-17 with offroad tread (normal or self-sealing)

BMW R12, Sepeda Motor Nazi Jerman Paling Terkenal!

Profil sepeda motor BMW R12 buatan tahun 1938 yang diperuntukkan bagi Angkatan Darat (Heer)

Para tentara Jerman berfoto dengan sepeda motor BMW R12 di tengah reruntuhan. Kaleng penyimpan masker gas tergantung di dada masing-masing. Tampaknya mereka baru saja mengalami hari yang melelahkan!
 
Masih dari orang-orang yang sama dengan yang di atas. Berfoto sejenak di tengah perjalanan jauh. Jaket hujan mereka telah penuh dengan debu, jangan pula ditanya wajah dan sepeda motor tandem BMW R12 mereka!

Masa kejayaan Nazi Jerman : seorang Feldgendarmerie (Polisi Militer) yang mengendarai BMW R12 mengawasi barisan tawanan Prancis yang tertangkap dalam penyerbuan Jerman ke Negara-Negara Bawah dan Prancis tahun 1940. Sementara itu, prajurit Jerman lain yang sedang beristirahat dengan penuh rasa ingin tahu memperhatikan musuh yang baru saja dikalahkannya


Dua orang prajurit Wehrmacht bergaya dengan sepeda motor tandem BMW R12 mereka. Tampaknya motor ini masih gres, yang tampak dari ban depan yang masih mulus dan belum gundul!



Perusahaan otomotif BMW pertama kali memperkenalkan sepeda motor seri R12 di tahun 1935, dan merupakan sepeda motor pertama di dunia yang dilengkapi oleh peredam teleskopis hidrolik yang bercabang tiga. Dengan mesin 745-cc dan berat 408 lbs, BMW R12 berkekuatan 20 tenaga kuda di 3400rpm dan dapat mencapai kecepatan maksimal 75 mil/jam.


BMW-R12 adalah jenis BMW yang paling populer dipakai oleh Wehrmacht, walaupun yang R35, R71 dan R75 pun lumayan ngetop dan banyak muncul dalam foto-foto era tersebut.


Tahun produksi: 1935 – 1941

Jumlah produksi keseluruhan: 20.000 buah untuk sipil, dan 10.000 buah untuk kalangan militer. Totalnya adalah 36.008 buah
Mesin: sidevalve 18hp/3400rpm atau 20hp/4000rpm, 2-cyl 4-stroke aircooled, boxer-motor 745cc SV
Bore/Stroke: 78/78 mm
Rasio kompresi: 5,2 : 1
Dimensi (solo): panjang: 2100mm

lebar: 900mm
tinggi: 940mm

tinggi sadel: 70cm
Dimensions (gespann, dengan tandem): panjang: 2520mm

lebar: 1615mm

tinggi: 1000mm
Jarak antar roda (wheelbase): 1380mm
Rear track (gespann, versi tandem): 1070mm
Road clearance (solo): 120mm
Road clearance (tandem): 245mm
Carburetter: Amal 6/406 SP dan 6/407 SP (berdasarkan sumber lain)
Starter: 45/70 Watt
Aki: 6 Volt 7 Ah
Kopling: dry single plate
Gearbox: 4-speed
Rasio: I - 3,18; II - 2,06; III - 1,42, IV - 1,09 Gardan
Rasio transmisi: solo - 4,07 (14 : 57),
gespann - 4,75 (12 : 57),
Heer (militer) - 5,18 (11 : 57)
Pressed steel frame
Telescope front fork
Roda belakang tanpa alat pengatur api
Rem kaki: dihubungkan dengan tuas ke roda belakang
Rem tangan: dihubungkan dengan kabel ke roda depan
Turning radius: 2,25m (kiri), 1,8m (kanan)
Berat (solo): 188 kg
Kecepatan maksimum: 125 km/jam (sipil);
100 km/jam (Wehrmacht solo);
85 km/jam (Wehrmacht gespann)
Roda: 3,50x19 or 4,00x19 inci
Tekanan roda, atm.: depan - 1,4 (dengan tandem - 1,4)

belakang - 1,5 (dengan tandem - 1,9, untuk tiga - 2,3)
Kapasitas tangki bahan bakar: 14 Liter
Konsumsi bahan bakar: 4,4 Liter/100km (sipil)

5,5 Liter/100km (Wehrmacht solo)

6,5 Liter/100km (Wehrmacht gespann).
Oli mesin, gearbox dan gardan – SAE 40 (musim panas), diganti setiap 2000 km, sementara filter olinya harus diganti setiap 12.000 km.
Kemampuan mengarungi air sampai kedalaman 250mm

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More