Pages

Sabtu, 31 Desember 2011

Review King of Fighters XIII: Seri Klasik Dalam Wajah Baru!

Gamer mana yang tidak mengenal franchise game fighting yang satu ini? Sebagai salah satu seri klasik yang berhasil selamat dari kerasnya kompetisi di industri game, King of Fighters selalu mampu tampil sebagai sebuah seri yang berkualitas. Franchise ini sendiri pernah melalui jalur yang terjal untuk mencari format gameplay terbaik, mengikuti perkembangan tren dan teknologi konsol. Ia pernah hadir dalam format model tiga dimensi dengan sistem gameplay yang tergolong sederhana. Respon yang begitu dingin di kala itu berhasil menyadarkan SNK sebagai pihak developer akan arti sebuah KOF bagi gamer penggemar game fighting. KOF selalu tampil lebih baik sebagai sebuah game pertarungan dua dimensi.

Seri terbaru KOF – King of Fighters XIII memang sudah dirilis sejak tahun lalu untuk mesin Arcade. Namun baru pada akhir tahun 2011 ini, SNK membawanya untuk dua konsol utama: Playstation 3 dan XBOX 360. Beberapa penambahan dan perubahan tentu dihadirkan untuk menutupi perbedaan satu tahun waktu rilis yang terjadi. Versi konsol datang dengan beberapa arena, karakter, dan mode permainan yang tidak terdapat di versi Arcade.

Namun bagi pecinta KOF Indonesia, ini menjadi kesempatan terbaik untuk menjajal seri terbaru ini, mengingat minimnya jumlah arcade KOF XIII yang tersedia di tanah air. Sebuah kesempatan untuk merasakan kembali sebuah suasana pertarungan yang nostalgic.

Anda yang sudah menyimak preview kami sebelumnya tentu sudah memiliki gambaran akan apa yang ditawarkan oleh King of Fighters XIII. Salah satu impresi yang sudah pasti didapatkan adalah visualisasi yang ditampilkan dengan gaya yang unik. Ilustrasi bergaya anime dan perubahan desain karakter menjadi hal yang tidak mungkin dilewatkan oleh gamer yang familiar dengan seri KOF. Walaupun hadir dalam “kulit” yang baru, KOF tidak lantas melupakan akar yang membuat seri ini begitu dicintai. Seperti apa SNK meramu King of Fighters XIII? Simak review berikut ini.

Plot

Jangan pernah meremehkan plot dari sebuah game fighting. Walaupun seringkali membingungkan karena hadir dari beragam perspektif karakter yang berbeda, namun setiap game fighting pasti memiliki satu inti plot yang menjadi dasar dari semua pertarungan. Hal yang sama juga ditawarkan oleh King of Fighters. Turnamen antar para pertarung terbaik di dunia ini masih berfokus pada peran Ash Crimson dan usahanya untuk menyerap kekuatan dari para keturunan penyegel kekuatan Orochi. Ash sendiri sudah berhasil mengalahkan Chizuru Kagura dan Iori Yagami, dan menyisakan Kyo Kusanagi sebagai korban terakhir.
Ash Crimson masih menjadi fokus di seri KOF kali ini

Jangan terkecoh dengan penampilannya yang terlihat lemah, Saiki (baju putih) adalah "monster"

Di sisi lain, organisasi rahasia “Those From The Past” yang memiliki ketertarikan terhadap Orochi, untuk sekali lagi, menyelenggarakan turnamen King of Fighters. Sang pemimpin, yang dikenal sebagai Saiki membutuhkan energi dari para petarung untuk menjalankan rencana jahatnya. Saiki memerlukan energi ini untuk berjalan melintasi waktu,  mengambil kekuatan Orochi sebelum disegel, dan menggunakannya untuk kepentingannya sendiri. Walaupun terlihat lemah, Saiki adalah sebuah entitas yang luar biasa, bahkan dikenal sebagai “Penguasa Waktu”.  Para petarung yang akhirnya berhasil mencapai akhir turnamen pun dihadapkan pada takdir yang lebih besar, menyelamatkan dunia.

Tidak hanya Saiki yang harus diwaspadai, Ash Crimson juga memiliki rencana tersendiri untuk turnamen kali ini. Apa yang dikejar olehnya? Apa hubungan Ash dengan Saiki? Berhasilkah mereka menyelamatkan dunia? Untuk sekali lagi, nasib dunia KOF terletak pada kecekatan tangan Anda mengendalikan kontroler.

Rasa Klasik dalam Wajah Baru

Mempertahankan format pertarungan dua dimensi adalah keputusan terbaik SNK!
Walaupun hadir sebagai sebuah game yang lahir di penghujung tahun 2011, KOF tetap mempertahankan pertarungan dua dimensi sebagai unsur utama gameplay nya. Namun, jangan langsung meragukan game ini hanya karena desain gameplay nya yang terkesan “jadul” jika dibandingkan dengan franchise lain seperti Street Fighter yang mulai bergeser ke era 2,5 dimensi.  Keputusan SNK untuk tetap mempertahankan format ini justru patut diacungi jempol. Mengapa? Karena format seperti ini menjadi elemen yang sangat krusial untuk memperkuat rasa sebuah game KOF. Sesuatu yang mungkin hanya bisa dimengerti oleh para veteran seri ini.

Walaupun hadir dalam format lawas, bukan berarti SNK tidak menghasilkan sebuah kualitas visualisasi terkini untuk King of Fighters XIII ini. Kualitas animasi yang begitu apik dengan permainan warna kontras yang begitu menawan akan memanjakan mata Anda di kala tangan sibuk berakrobat di atas joystick. Resolusi definisi tinggi yang menjadi keharusan saat ini juga menjadi pendukung akan kualitas gambar dua dimensi yang begitu kuat.

Di sisi lain, SNK juga menambahkan sedikit “bumbu” untuk menciptakan rasa baru di seri ini. Sebagian besar karakter mendapatkan perubahan desain, dari postur, wajah, hingga pakaian, namun dengan tetap mempertahankan ciri kuat tiap karakter. Tidak hanya itu saja, ada beberapa karakter yang bahkan hadir dengan gerakan bertarung yang baru karena diceritakan bertumbuh dari seri sebelumnya.
Mai Shiranui kini tampil dengan desain yang membuatnya terlihat lebih muda dan sensual

NEO MAX Super Special Moves - gerakan yang harus dikuasai dan diwaspadai
Untuk urusan gameplay, King of Fighters XIII tidak banyak mengalami perubahan. Ia tetap tampil sebagai sebuah game fighting yang membutuhkan kombinasi putaran d-pad dengan eksekusi satu tombol aksi untuk mengeluarkan jurus. Anda tentu butuh waktu untuk membiasakan diri dengan hal ini mengingat KOF memang cukup dikenal sebagai game fighting dengan gaya putaran d-pad yang unik. Namun tenang saja, command list selalu tersedia untuk Anda pelajari. Sistem pertarungannya sendiri masih mengadopsi seri lama, dimana Anda dapat memilih untuk bertarung secara perseorangan (1 VS 1) atau tim secara bergantian (3 VS 3).

Lantas, apakah KOF XIII tidak menyertakan elemen baru sama sekali di bagian gameplay? Tentu saja ada. Sudah bukan rahasia lagi jika game fighting di masa sekarang pasti menuntut Anda untuk mengumpulkan bar power tertentu sebelum dapat mengeluarkan serangan yang lebih besar dan kuat. Begitu juga dengan KOF XIII. Uniknya, kali ini SNK menambahkan sebuah mode jurus besar bernama NEO MAX Super Special Moves yang menghadirkan damage dan efek yang lebih besar dibandingkan jurus special biasa. Untuk memicunya, Anda dituntut untuk mengisi bar power hingga level maksimum dan mengeksekusinya dengan kombinasi tombol tertentu. Sebuah jurus yang patut Anda kuasai dan waspadai.

Setiap pertarungan kini memiliki misi sederhana yang tertera di sisi kiri layar
Jika Anda memainkan mode single player, maka setiap pertarungan yang Anda lalui akan hadir dengan misi tertentu yang tergolong sederhana. Jika command yang diminta dapat dieksekusi dengan sempurna, maka Anda akan mendapatkan ekstra power untuk bar special moves Anda. Misi yang paling sederhana hanya meminta Anda untuk berputar atau melompat dalam jumlah tertentu, sementara yang lebih kompleks menuntut Anda untuk mengeluarkan jurus atau kombo dalam jumlah tertentu. Walaupun tidak diharuskan, namun menyelesaikan misi seperti ini akan memberikan kontribusi yang cukup besar untuk menentukan hasil akhir pertarungan.

Story Mode – Skenario Bercabang dalam Gaya Anime

Gaya anime di Story Mode yang terasa kental
Dari semua mode yang ditawarkan di dalam KOF XIII, Story Mode boleh terbilang sebagai yang paling menarik perhatian. Sesuai dengan namanya, mode ini akan mengajak Anda untuk menyusuri plot utama yang menjadi inti cerita dari KOF XIII. Anda akan disuguhkan jalinan cerita yang digambarkan lewat visualisasi bergaya anime yang cantik. Selama memainkan mode ini, Anda akan diberi kebebasan untuk memilih tim dengan anggota yang tetap untuk menyusuri setiap pertarungan yang ada. Pada beberapa titik cerita, Anda akan dihadapkan pada alternatif jalan yang dapat ditempuh. Tiap alternatif ini tentu akan menghasilkan musuh, event, bahkan ujung ending yang berbeda. Menariknya lagi, Anda akan langsung dihitung “game over” setiap kali kalah atau berada di akhir dari alternatif jalur yang Anda pilih. Ini berarti Anda harus memainkannya terus berulang hingga menemukan arah yang tepat menuju ke ending yang sesungguhnya. Merepotkan, tetapi juga adiktif.

Kesimpulan

MUST PLAY!!
SNK harus diacungi jempol atas kualitas yang mampu ditampilkan oleh King of Fighters XIII. Seri terbaru ini berhasil memadukan sebuah cita rasa klasik di dalam wajah baru yang begitu menawan. Ia datang dengan sistem dan format gameplay yang tidak berubah, kombinasi yang menjadi alasan utama gamer jatuh cinta dengan seri ini. Di sisi lain, ia menawarkan cita rasa yang fresh lewat desain karakter, permainan warna, details dalam definisi tinggi, hingga visualisasi ala anime di story mode. Walaupun demikian, kesan ini mungkin hanya akan didapatkan oleh para veteran yang sudah mengikuti seri ini sejak awal. Untuk gamer yang baru pertama kali menyentuhnya? KOF XIII tidak akan tampil dengan pesona yang sama.

Walaupn memukau, KOF XIII masih datang dengan sejumlah kelemahan yang cukup disayangkan. Tingkat kesulitan Saiki terhitung kurang masuk akal. Ia harus diakui merupakan salah satu boss game fighting tersulit, yang saya pribadi, pernah hadapi. Ia mampu membalikkan semua jurus proyektil, membuat Anda stun dalam frekuensi yang tinggi, dan melemparkan serangan dengan damage yang besar. Pada akhirnya, Saiki akhirnya lebih dapat mudah dikalahkan dengan serangan tanpa jurus yang terkesan curang.

Kelemahan yang lain? Dialog tanpa suara di story mode benar-benar akan membuat Anda mudah bosan. Akan lebih baik jika SNK menghadirkan pengisi suara untuk menciptakan atmosfer cerita yang lebih baik dan menarik.
Terlepas dari segala kekurangannya, King of Fighters XIII merupakan seri game fighting yang wajib dimainkan oleh gamer penggemar genre fighting, terutama mereka yang sudah mengenal seri ini sejak lama. Kerinduan Anda akan tombol jurus dengan kombinasi d-pad yang rumit akan terobat, sekaligus mendapatkan sensasi kekinian yang sering dimunculkan oleh sebuah game baru. MUST PLAY!

Kelebihan:
Dialog antar karakter yang unik memang menjadi salah satu fitur khas seri KOF
  • Visualisasi yang memesona
  • Story Mode bergaya anime
  • Animasi NEO MAX Super Special Moves
  • Format pertarungan dua dimensi ala seri KOF
  • Gameplay klasik yang dipertahankan
  • Interaksi unik antar karakter yang tetap dipertahankan
Kekurangan:
Anda bisa frustrasi melawan Boss yang satu ini
  • Kekuatan Saiki sebagai Boss terakhir yang imbalance
  • Dialog tanpa suara di Story Mode
  • Misi dalam pertarungan yang terlampau sederhana
Cocok untuk gamer: Penggemar game fighting, veteran pencinta seri KOF
Tidak cocok untuk gamer: yang tidak mengenal siapa itu Kyo, Terry, Andy, Joe, dan Mai


Sumber

2 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More