Pages

Kamis, 29 Desember 2011

Hummingbird robo-drone, Pesawat Tanpa Awak Dilengkapi Kamera 1.8 Gigapixel!

Tak bisa dipungkiri, Amerika Serikat merupakan negara yang pasukan pertahanannya memiliki beragam macam teknologi yang sangat canggih. Mulai dari persenjataan, kendaraan yang memiliki teknologi canggih di dalamnya yang dirancang untuk peperangan, serta beragam pesawat tanpa awak yang memiliki kemampuan untuk mengintai dan menembakkan sebuah misil yang dikendalikan dari jarak jauh.

Kali ini, departemen pertahanan Amerika Serikat dan juga DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency) berhasil mengembangkan sebuah kamera canggih yang memiliki sistem sensor Argus-IS. Kamera canggih ini merupakan salah satu kamera yang memiliki sensor video terbesar dengan resolusi hingga 1.8 gigapixel. Menurut berita yang kami sadur dari CNET, kamera canggih ini akan dipasang di beberapa prototipe pesawat tanpa awak, Hummingbird robo-drone.

Kemampuan prototipe ini nantinya mampu melakukan pengintaian melalui ketinggian hingga 20.000 kaki. Dengan memiliki resolusi hingga 1.8 gigapixel, kamera tersebut mampu melacak keberadaan orang dan juga kendaraan, bahkan mampu memindai hingga 25 mil persegi. Itu memungkinkan sang operator untuk memindai bidang pandang dan lebar gambar secara real-time.

Satu manager program Argus, Brian Leininger, menyatakan, “Jika di suatu bangunan terdapat beberapa kelompok orang yang meninggalkan tempat tersebut secara terpisah, pemantauan dapat dilakukan secara bersamaan dan otomatis di tiap-tiap kelompok tersebut”.

Tugas pertama untuk Hummingbird robo-drone yang dilengkapi kamera canggih tersebut dikabarkan akan dimulai tahun depan di suatu daerah di Afghanistan.
Salah satu contoh gambar yang diambil dengan kamera 1.8 Gigapixel.



1 komentar:

sangat bagus sekali postinganya dan sangat bagus untuk menambah wawasan.

http://santika-dewi.eklablog.com

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More