Pages

Sabtu, 31 Desember 2011

2011, Inflasi kota Solo Berkisar 2%

Ilustrasi. Corbis.
Ilustrasi. Corbis.
SOLO- Tingkat inflasi kota Solo, Jawa Tengah, hingga Nopember 2011 baru mencapai 1,3 persen. Karenannya, tekanan inflasi pada Desember 2011 diperkirakan tidak akan lebih dari 0,7 persen.

Kepala Kantor Bank Indonesia (BI) Solo, Doni P Joewono mengungkapkan, tingkat inflasi kota Solo untuk 2011 kemungkinan pesimisnya berada di kisaran dua persen sementara untuk tekanan maksimal akan berada di angka tiga persen.

"Tingkat yang rendah sekali dibanding tahun 2010 lalu yang mencapai 6,65 %,” jelas Doni P Joewono saat ditanya soal tingkat inflasi kota Solo untuk 2011, di Solo, Jawa Tengah, kemarin.

Doni mengatakan, tidak mengherankan banyak orang berdatangan ke kota Solo, karena harga-harga barangnya relatif murah, terutama harga kuliner. “Mau makan makanan seperti tengkleng, nasi liwet, gudeg ceker dan sebagainya umumnya murah,” kata dia.

Untuk mengendalikan tingkat inflasi di kota Solo, menurut Doni salah satunya tidak lepas dari keberadaan dan berfungsinya secara maksimal Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) di kota Solo. TPID yang terdiri dari Bank Indonesia, Perbankan, Badan Pusat Statistik (BPS), Pemerintah Daerah, Kepolisian, Pengusaha, Pedagang dan sebagainya.  

Proyeksi kedepan, Kepala Kantor BI Solo ini mengatakan akibat situasi global dan nasional beserta angka inflasi pada 2011, maka tingkat inflasi kota Solo di 2012 optimis tidak melewati 4,8 persen.  “Paling tidak sama dengan 2011 ini,” tandasnya.

Sumber

2 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More