Pages

Sabtu, 31 Desember 2011

NostalGame: Digimon World

Sudah bukan rahasia lagi jika video game memang memberikan kesempatan terbaik bagi para pencinta hiburan untuk bermain peran dengan maksimal. Tidak hanya sekedar menikmati sebuah cerita secara pasif, namun menjadi bagian yang tidak terpisahkan darinya.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika berbagai film dan anime yang begitu tenar di masanya sebagian besar juga dirilis dalam bentuk video game. Kesempatan untuk menjadi bagian dari sebuah alunan cerita yang selama ini hanya bisa didengar dan dilihat tentu menjadi sesuatu yang menarik. Hal yang sama juga berusaha dilakukan oleh salah satu game adaptasi anime terbaik – Digimon World.

Anime yang menceritakan tentang persahabatan para manusia dan monster memang bukan hal baru pada akhir era 1990-an. Pokemon menjadi franchise yang paling populer di kala itu.

Namun sebagian besar dari kita tentu mengingat seri kompetitor yang satu ini. Walaupun mengusung garis merah yang sama, seri ini menampilkan cerita yang lebih gelap dengan desain monster yang lebih dewasa. Berbeda dengan Pokemon yang lebih ditujukan untuk anak-anak, Digimon hadir sebagai alternatif yang lebih cocok dengan selera anak muda. Di awal tahun 2000-an, anime Digimon mencapai puncak popularitas setelah ditayangkan oleh stasiun televisi swasta tanah air.
Tidak mengherankan jika banyak developer yang kemudian berusaha mengadaptasikan anime ini ke dalam bentuk video game. Digimon World yang dirilis oleh Bandai di tahun 2000 untuk konsol Playstation generasi pertama merupakan salah satu yang terbaik.

Tidak hanya sekedar “meminjam” nama besar Digimon, game ini benar-benar hadir dengan semua esensi yang membuat sebuah seri Digimon begitu dicintai. Tidak hanya variasi monster yang banyak, tetapi juga pengalaman yang bermain yang maksimal. Anda benar-benar dituntut untuk menjadi seorang trainer yang cekatan. Beragam kejutan dalam sebuah skema Action RPG berbasiskan dunia open-world juga menjadi alasan utama mengapa banyak gamer yang sulit melupakan game ini. Apakah Anda termasuk di dalamnya?
Ketika game ini dirilis, ia menjadi pembicaraan yang hangat di kalangan gamer.

Pada saat saya menjalani tingkat pendidikan sekolah menengah, Digimon World menjadi bahan diskusi yang seolah tak ada habisnya. Dari sekedar berbagi cara untuk mengalahkan digimon yang lain, menemukan jalan rahasia, mencari alternatif strategi, hingga membangun sebuah diagram untuk menentukan jalur evolusi. Memainkan game ini tanpa berkonsultasi dengan siapapun? Hampir sesuatu yang tidak mungkin. Digimon World menawarkan sebuah kompleksitas yang memang sangat menantang. Saya pribadi bahkan ingat bagaimana dulu “save data” game yang satu ini begitu berharga. Tidak jarang teman-teman saling bertukar save data hanya untuk melihat digimon apa saja yang berhasil dikumpulkan dan jalur apa saja yang sudah terbuka.

Plot

 Anda akan berperan sebagai Hiro, seorang anak yang mencintai Digivice-nya

Hiro yang secara ajaib jatuh ke File City - Digimon World

Anda bisa memberi nama karakter dan digimon yang Anda dapatkan. Namun secara default, Anda akan memainkan seorang anak muda bernama Hiro yang begitu mencintai Digivice nya.
Pada suatu waktu, Hiro secara tiba-tiba terserap ke dalam Digivice nya dan mendarat di Digimon World. dunia virtual penuh Digimon yang selama ini hanya mampu ia lihat lewat layar Digivice. Hiro ternyata dipilih oleh sang tetua Digimon – Jijimon untuk menjalankan sebuah misi khusus. Akibat dari kekuatan kegelapan yang berusaha menghancurkan dunia Digimon, para digimon yang dulunya menghuni File City satu per satu mulai kabur dan menyebar. Sementara di sisi yang lain, kekuatan kegelapan yang digawangi oleh Analogman dan Machinedramon terus menguat. Sudah menjadi tugas Hiro untuk menyelesaikan dua misi besar ini. Petualangan di Digimon World pun dimulai.

Game yang satu ini harus diakui menawarkan sebuah gameplay yang begitu kompleks. Anda bersama Digimon yang Anda pilih harus menjelajahi keseluruhan dunia ini, membantu setiap digimon yang ada serta mengalahkan digimon lain yang mengancam.

Namun, Digimon World bukanlah sebuah game Action RPG biasa. Ia juga menggabungkannya dengan skema gameplay monster-raising, dimana Anda juga harus mengasuh, memelihara, membina, dan mengembangkan Digimon yang Anda miliki. Anda boleh menjabarkannya sebagai sebuah digivice dalam visualisasi yang berbeda. Digimon yang Anda pilih akan dapat lapar, sakit, rewel, tidak mengikuti perintah, mati, hingga berevolusi. Jika Anda tidak memeliharanya dengan benar, bukan tidak mungkin Digimon ini malah justru akan hadir sebagai beban dan bukannya peliharaan yang menarik.
Memulai petualangan ditemani dengan Agumon yang setia

Mekanisme gameplay nya sendiri lebih ke arah open-world, dimana Anda bisa menjelajahi dunia ini secara bebas sejak awal permainan. Namun bukan berarti tidak terbatas. Ada beberapa wilayah yang hanya bisa dibuka ketika Anda berhasil merekrut Digimon jenis tertentu dan membawanya ke File City. Seiring permainan, File City akan terus berkembang seiring dengan progress yang Anda tunjukkan. Digimon Anda sendiri juga akan mampu berevolusi sesuai dengan status yang mereka miliki. Jika tekun, Anda bahkan mampu membangun Digimon versi Ultimate yang super keren. Sistem pertarungannya juga cukup unik. Anda hanya bisa memberikan command dari tepi arena kepada Digimon Anda.

Digimon dapat mengikuti atau menolak perintah Anda sesuai dengan tingkat loyalitas dan kesenangan yang mereka rasakan. Semakin tinggi, semakin mudah pula lah setiap pertarungan yang akan dijalani.



Sumber

2 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More