Pages

Kamis, 29 Desember 2011

Viacom Kalah Dalam Gugatan Rock Band


Perseteruan antara dua perusahaan besar yang berkecimpung di industri game memang bukan lagi hal baru. Selisih dalam masalah penggunaan hak dagang, pencurian ide, hingga masalah kesepakatan bisnis menjadi hal yang lumrah terjadi. Sebagai sebuah industri, setiap elemen yang dapat menghasilkan uang memang menjadi elemen yang pantas untuk diperjuangkan, bahkan hingga ke meja hijau. Seperti yang terjadi pada franchise game ritme populer – Rock Band. Walaupun franchise ini sebenarnya sudah “mati”, namun jejak-jejak kehadirannya tetap menimbulkan masalah.
Perseteruan terjadi antara Viacom sebagai pihak publisher dengan Harmonix yang merupakan developer dari Rock Band itu sendiri. Seperti yang kita tahu, Rock Band merupakan salah satu seri game ritme terbesar dan tersukses di industri game dekade ini. Keuntungan yang dihasilkannya bahkan mampu menempatkan Viacom, sebuah perusahaan yang tidak dikenal, lompat dan melonjak sebagai lima besar perusahaan publisher terbesar di Amerika Serikat. Namun keuntungan ini ternyata tidak sebanding dengan yang didapatkan Harmonix. Bonus yang sempat dijanjikan Viacom jika Rock Band berhasil mencapai angka penjualan tertentu ternyata tidak dipenuhi. Akibatnya, Harmonix menggugat Viacom senilai USD 383 juta. Pada persidangan tanggal 19 December 2011 kemarin, Harmonix dinyatakan menang.
Sayangnya, masalah ini tidak lantas selesai begitu saja. Viacom dengan tegas menolak untuk membayar tuntutan yang dilayangkan oleh Harmonix dan berencana untuk mengajukan banding atas keputusan ini. Sebuah langkah yang tentunya tidak mengejutkan. Walaupun kedua perusahaan ini “bertengkar” atas sebuah seri yang sudah mati, namun uang ratusan juta dollar bukanlah sebuah masalah yang bisa dianggap sepele. Siapakah yang akan memenangkan tuntutan ini pada akhirnya? Kita lihat saja nanti.



1 komentar:

sangat bagus sekali postinganya dan sangat bagus untuk menambah wawasan.

http://www.solusimengatasipenyakit.com

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More