Pages

Jumat, 30 Desember 2011

Lima Resolusi Sehat 2012

MASALAH kesehatan biasanya absen masuk dari daftar resolusi Tahun Baru. Padahal, kesehatan merupakan modal utama kelancaran kegiatan. Agar Tahun Baru nanti lebih baik dalam segala hal, lima resolusi sehat ini perlu diterapkan.

Membuat resolusi untuk Tahun Baru adalah hal yang baik, tapi jangan sampai list resolusi tersebut pada nantinya hanya akan disimpan saja tanpa dipraktikkan. Yang paling penting untuk diingat saat membuat resolusi kesehatan adalah bahwa deretan keinginan tersebut bersifat realistis.

Jika Anda pecandu donat misalnya, jangan bersumpah untuk tidak akan makan apa-apa kecuali setangkup roti dengan selai margarin tawar dan secangkir teh minim gula untuk sarapan. Hal itu terlalu berat untuk dicoba. Ketimbang semua hal tersebut terlewatkan, berikut beberapa resolusi kesehatan yang mudah dilakukan agar Anda dapat menjaga kesehatan di 2012, seperti ditulis Healthmeup.


Mengurangi stres

Stres kronis dapat menyebabkan hipertensi, sistem kekebalan tubuh yang lemah, bahkan memperpendek umur.

Sebagai solusi, lakukan hal-hal baik untuk menimimalisir stres Anda. Misal, tak ada salahnya untuk mendaftarkan diri Anda ke dalam kelas meditasi. Meditasi mindfulness dapat memberikan Anda "modal" untuk menghadapi tantangan sehari-hari tanpa membiarkan Anda menjadi stres. Berusaha untuk menjalani gaya hidup sehat dan tak ragu meminta bantuan bila diperlukan merupakan langkah-langkah ampuh kurangi tingkat stres.


Ayo, makan kacang!

Lupakan keripik kentang dan gantilah asupan dengan kacang almond atau walnut. Kedua kacang tersebut telah diteliti mampu menurunkan kolesterol.

Sebuah penelitian tahun 2002 yang diterbitkan dalam jurnal "Circulation" menemukan, bahwa orang yang makan dua genggam almond sehari dapat menurunkan kolesterol jahat mereka (LDL) sebesar 9,4 persen. Sementara pada kacang kenari dengan mengonsumsinya segenggam saja, dapat menghilangkan LDL sebesar 10 persen. Jadi, ayo jadikan kacang-kacang tersebut camilan di antara waktu makan Anda.


Perbanyak jalan kaki

Curi waktu senggang Anda untuk memperbanyak langkah alias jalan kaki. Pasalnya, 30 menit berjalan kaki dalam enam hari sepekan terbukti memiliki manfaat besar bagi kesehatan.

Hal tersebut seperti didasarkan penelitian yang dilakukan tim peneliti Duke University. Penelitian tersebut menemukan, bahwa berjalan dapat menurunkan hipertensi, menurunkan kadar kolesterol jahat, dan membantu Anda menurunkan berat badan.

Karenanya, masukkan agenda berjalan cepat ke dalam rutinitas harian Anda untuk hasil yang lebih baik. Sebuah resolusi sederhana yang mudah dilaksanakan yang membuat kesehatan terjaga baik, bukan?


Rutin push up setiap hari

Hampir tidak ada yang dapat mengalahkan push up. Selain sederhana, efektif, dan juga tidak memakan biaya alias gratis.

Dengan latihan yang cukup, push up bekerja pada pembentukan dada, bahu, otot trisep, abs, dan kaki. Push up adalah salah satu latihan pembentukan kekuatan terbaik yang pernah dibuat. Cobalah untuk melakukan satu set push-up 10 sampai 20 kali dalam rutinitas harian Anda. Dengan mengadopsi kebiasaan sederhana, Anda akan membangun kekuatan tubuh bagian atas dan stamina dalam hitungan minggu.


Pilih olahraga favorit dan mainkan

Latihan terbaik adalah olahraga favorit yang dapat menyenangkan Anda sehingga bisa melaksanakannya dengan senang hati. Dengan memiliki olahraga favorit, Anda akan melakukannya bukan sebagai latihan, tapi Anda cenderung menganggapnya sebagai waktu bermain yang menyenangkan.

Bermain sambil berolahraga atau olahraga sambil bermain akan membuat Anda bugar, dan yang lebih penting, akan membuat Anda termotivasi untuk tetap fit. Kuncinya adalah menemukan sesuatu yang Anda nikmati dan kemudian dapat menyeimbangkan antara kesenangan dan kerja keras.

Bagaimana, tidak sulit bukan? Ayo, kita terapkan dan selamat datang kehidupan yang lebih sehat.



Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More