Pages

Jumat, 30 Desember 2011

Preview AIKA Indonesia: Kesan Pertama yang Begitu Menggoda

Dunia MMORPG Indonesia kini kedatangan satu lagi kompetitor baru untuk meramaikan persaingan dunia game online yang kian sesak. Kini giliran Asiasoft yang secara resmi membuka kesempatan bagi gamer untuk mencoba game terbaru mereka – AIKA lewat masa Open Beta. Untuk dapat bersaing saat ini, publisher tentu dituntut untuk memilih dengan cermat game yang ingin mereka adaptasikan ke pasar Indonesia. Kualitas grafis dan gameplay menjadi point yang paling utama, selain kemudahan akses dan kestabilan permainan. Poin-poin yang untungnya berhasil dihadirkan oleh AIKA.
Walaupun masih berada dalam tahap beta, AIKA mampu menampilkan kesan pertama yang menggoda. Jika produk kompetitor seringkali bermasalah dengan isu kestabilan yang sering berujung pada permainan yang terhenti atau ditendangnya user dari game, AIKA tampaknya berhasil meminimalisir poin paling utama untuk kenyamanan bermain ini. Setidaknya cukup meyakinkan para gamer Indonesia untuk setidaknya mencoba game yang satu ini. Kualitas grafis dan details yang ditampilkan juga patut diacungi jempol, dari segi lingkungan hingga efek yang dihadirkan. Tidak berlebihan rasanya jika menyimpulkan bahwa Asiasoft telah membawa game yang tepat. Apalagi game ini datang dengan sistem gameplay MMO modern yang lebih berfokus pada quest dibandingkan hanya meminta gamer bertempur demi leveling.
Open-beta memang menjadi waktu yang paling tepat untuk mencari potensi masalah dan kekurangan yang bisa ditemukan di sebuah game online. Di AIKA, masalah yang terlihat ketika melakukan preview ini terletak pada sinkronisasi antara wilayah di peta dan translasi pada quest. Proses translasi dan adaptasinya ke dalam bahasa Indonesia masih harus diakui belum sempurna. Walaupun demikian, ia masih tampil lebih baik dibandingkan kompetitor lain yang terkadang berani memasukkan translasi kasar dan kacau dari hasil software penerjemah. Tatanan bahasa yang ditampilkan AIKA terkesan baik.
Saya sendiri memang harus mengakui belum banyak fitur yang bisa digali secara pribadi hanya dengan beberapa jam di awal sebuah game MMORPG, termasuk AIKA. Untuk memecah setiap elemen di dalamnya, menilai kualitas setiap kepingan di dalam game online secara objektif memang bukan perkara mudah, dimana waktu akan menjadi unsur yang terpenting. Oleh karena itu, sembari mengumpulkan waktu yang lebih proporsional untuk melakukan review, preview ini dihadirkan untuk memberikan sedikit gambaran. Seperti apa? Simak saja screenshot di bawah ini.
 



1 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More