Pages

Rabu, 28 Desember 2011

Melihat kendaraan yang ramah lingkungan dan mulai ditinggalkan

Sejarah Delman
 
Nama kendaraan ini berasal dari nama penemunya yaitu Charles Theodore Deeleman, seorang litografer dan insinyur di masa Hindia Belanda. Orang Belanda sendiri menyebut kendaraan ini dengan nama dos-à-dos (punggung pada punggung, arti harfiah bahasa Perancis), yaitu sejenis kereta yang posisi duduk penumpangnya saling memunggungi. Istilah dos-à-dos ini kemudian oleh penduduk pribumi Batavia disingkat lagi menjadi ‘sado’.
 
Bagian-Bagian Dari Delman atau Kereta Kuda

1.Kereta
 Bagian ini merupakan tempat untuk penumpang yang bentuknya bermacam-macam sesuai fungsi dan tujuannya, dari mulai perlindungan dan alat perang sampai asesoris. Yang jelas ada tempat duduk tali kendali kuda dan kalau perlu (pada umumnya) ada atap peneduh dari hujan atau sinar matahari.
 
 
 
 
2.Roda
Roda bentuknya bulat dengan jari-jarinya yang terbuat dari kayu dengan dipadukan dengan besi tetapi sekarang ini berupa ban mobil atau ban sepeda motor. Untuk as jaman dulu tidak memakai laher (langsung besi dengan as dengan pelican minyak pelumas) yang disebut “Bom”, sehingga ada istilah semua delman di wilayah tertentu di-Bom-in ya bom itu maksudnya.
 
3.Tali Kendali
Tali kendali (kalau tidak salah disebut “sais”). Berupa tali yang menghubungkan antara kusir dan kuda (kepala di bagian mulut) yang berfungsi untuk memberi arahan keinginan kusir kepada kuda.
    
 4.Bel Delman
Bel delman (kalau di mobil adalah klakson). Biasanya terbuat dari logam kuningan dengan cara membunyikannya diinjak pakai kaki dengan bunyi yang khas “Teng-Tong”.
 
 
  
 
5.Pecut Kuda
Pecut kuda mempunyai fungsi untuk mengatur kuda supaya bisa berlari lebih kencang.
  
 
 
 6.Kusir
Bagaimanapun juga seorang kusir adalah Seorang Manajer dengan peran sebagai pemegang kendali.
  
 7.Kuda
 Kuda nama latinnya adalah Equus caballus, merupakan salah satu ternak yang sejak lama sudah memiliki hubungan dengan manusia, sedangkan peran kuda dalam kehidupan manusia yaitu berfungsi sebagai mata pencaharin, alat transportasi, olahraga, dan sarana rekreasi.
 
 
 
 
 

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More