Pages

Minggu, 01 Januari 2012

Bagaimana Cara Melacak Gadget yang Hilang?

Beberapa pekan yang lalu, satu truk berisi BlackBerry PlayBook baru dibawa kabur oleh pencuri. Setiap tahunnya kejadian pencurian  perangkat mobile maupun laptop senilai jutaan dolar terus saja terjadi. Sebagian besar gadget yang dicuri tersebut gagal ditemukan. Namun, ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk menemukan kembali perangkat notebook dan gadget yang dicuri, salah satunya adalah menggunakan software pelacak.

Ada beberapa perusahaan yang mengembangkan software pelacakan. Prey menyediakan layanan perangkat lunak gratis untuk beberapa jenis laptop serta perangkat Android. Untuk pengguna BlackBerry, iPhone ataupun iPad, Anda bisa mencoba GadgetTrack (seharga US$4). Perangkat lunak LoJack for Laptops (seharga US$40) memungkinkan Anda untuk melacak, menghapus data dan fitur lainnya untuk perlindungan laptop Anda. Untuk iPad dan iPhone, Anda bisa mencoba Undercover(seharga US$5).
Beberapa jenis pelayanan pelacak ini mampu mengirimkan perintah dari server untuk menonaktifkan perangkat gadget tersebut. Ketika si pencuri terhubung melalui internet, program mampu menghapus ataupun mengenkripsi data personal, membunyikan alarm, bahkan mengambil foto saat si pencuri menggunakan kamera. Software tersebut juga akan mencatat alamat IP sehingga lokasi pencuri dapat dilacak berdasarkan WiFi, 3G ataupun GPS yang digunakan.
 



0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More