Pages

Kamis, 12 Januari 2012

Alasan Nikon D4 'Hanya' Pakai 16 Juta Piksel

Nikon D4 (Dpreview)
Las Vegas - Nikon D4 adalah kamera full frame terbaru yang dikeluarkan pabrik asal Jepang ini. Hanya saja yang menjadi pertanyaan adalah, mengapa dengan sensor sebesar itu, Nikon hanya membekalinya dengan 16 juta piksel?

Banyak kalangan berharap, di piranti anyarnya ini Nikon akan menggunakan jumlah piksel yang lebih tinggi. Berbicara di arena CES 2012, Lars Petterson dari Nikon Eropa menjelaskan hal ini. Ada dua target yang hendak dicapai Nikon dengan sensor yang disematkannya.

Yang pertama, Nikon ingin memungkinkan cropping dengan cakupan yang lebih luas. Namun Nikon juga berniat untuk menghasilkan foto yang lebih kiclong dan memiliki dynamic range (rentang dinamis) yang lebih besar.

Dengan teknologi yang ada, dikatakan sensor 16 MP memungkinkan kedua hal tersebut terwujud. Pun Nikon ingin menghindari file dalam ukuran besar yang biasanya menyesaki hard drive pengguna. "16 juta piksel sudah cukup untuk sebagian besar pengguna dan bagi beberapa, ia bahkan lebih dari cukup," demikian dikatakan Nikon.

Nikon D4 adalah kamera full frame yang dirilis Nikon di ajang CES 2012. D4 akan menggebrak pasar kamera pada bulan Februari nanti. Untuk harga retailnya, Nikon mematoknya di angka USD 6.000 atau sekitar Rp 54 juta.




Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More