Pages

Selasa, 31 Januari 2012

Mark Zuckerberg Tawarkan iPad 3?

Rumor mengenai iPad 3 saat ini memang sedang berhembus kencang di dunia maya. Banyak orang yang mulai memprediksi bentuk dan juga tanggal rilis dari perangkat tablet terbaru Apple tersebut. Ternyata banyak penjahat cyber yang ingin memanfaatkan popularitas iPad 3 saat ini. Menggunakan nama terkenal lain, Mark Zuckerberg yang dikenal sebagai pemimpin Facebook, para penjahat cyber tersebut bersiap untuk menipu Anda.


Mark Zuckerberg gadungan akan mengirimkan e-mail yang menyatakan kalau Facebook telah bekerja sama dengan Apple untuk mengadakan promosi. Apabila Anda mengikuti promo tersebut, Anda berkesempatan untuk memenangkan iPad 3, tanpa dipungut biaya sepeser pun! E-mail ini tentu saja hanyalah sebuah scam. Namun, ada kemungkinan Anda tertipu oleh pesan tersebut, apalagi Anda menerima e-mail ini di akun yang terdaftar dengan Facebook.

E-mail tersebut berisikan sebuah link yang akan membawa Anda menuju ke sebuah halaman baru. Di halaman tersebut, Anda akan diminta diisi sebuah survey. Tujuan dari scammer tersebut adalah untuk mendapatkan informasi personal Anda dan melakukan verifikasi dari alamat e-mail Anda. Jika Anda mengisi survey tersebut, maka si penjahat cyber tersebut akan mengetahui keberadaan e-mail Anda dan berpotensi untuk kembali melakukan kejahatan di masa yang akan datang. Selain itu, ada kemungkinan juga si scammer menghasilkan uang dari jumlah klik yang dihasilkan oleh link tersebut.
Sangat mudah untuk mengetahui e-mail yang dikirimkan oleh Mark Zuckerberg palsu ini benar atau tidak. Grammar dari bahasa Inggris yang digunakan di e-mail ini cukup berantakan. Selain itu, Apple juga belum memberikan konfirmasi dari kehadiran iPad 3. Tampaknya juga, Mark Zuckerberg asli tidak mau repot-repot memilih dan mengirimkan e-mail ke ribuan orang. Walaupun mudah untuk dideteksi, sebaiknya tidak membuat Anda lengah. Anda harus tetap waspada terhadap setiap e-mail yang masuk ke inbox!



Sumber

1 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More