Pages

Selasa, 31 Januari 2012

Canalys: Apple Perusahaan Manufaktur PC Terbesar Pada Kuartal 4 2011

Canalys beberapa waktu lalu mengumumkan hasil penelitian mereka mengenai perusahaan manufaktur PC terbesar di dunia pada kuartal 4 tahun 2011. Menurut Canalys, Apple –lah yang berhasil menduduki posisi pertama sebagai perusahaan manufaktur PC terbesar di dunia.

iPad membantu meningkatkan market share PC Apple

Memang Canalys memiliki metode penelitian yang sedikit berbeda dari perusahaan lainnya. Menurut Canalys, pasar client PC itu terdiri dari desktop, netbook, dan notebook, termasuk perangkat tablet. Biasanya perusahaan peneliti tidak memasukkan tablet dalam kategori client PC. Apple sendiri mengapalkan 15 juta iPad dan 5 juta Mac, memegang 17% market share dari total 120 juta PC yang dikapalkan pada kuartal 4 tahun 2011.

Menurut Canalys, pasar PC meningkat 16% dari tahun sebelumnya. Uniknya, pasar PC dunia didominasi oleh tablet. Apabila Canalys tidak memasukkan tablet dalam kategori client PC, maka pasaran PC dunia sebenarnya mengalami penurunan, yaitu sekitar 0.4%.

Apa penyebab penurunan tersebut? Banjir di Thailand menyebabkan gangguan distribusi hard drive yang juga berakibat buruk pada pemasaran PC pada kuartal tersebut. Namun, efek buruk dari hal tersebut baru benar-benar akan terasa pada awal tahun 2012 ini.
Berturut-turut, manufaktur PC terbesar menurut Canalys adalah Apple, HP, Lenovo, Dell, dan Acer.



Sumber

1 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More