Pages

Senin, 30 Januari 2012

Bawang Putih dan Daun Ketumbar Bikin Kari Makin Sedap

Bawang Putih dan Daun Ketumbar Bikin Kari Makin Sedap
Bawang putih dan ketumbar, dua rempah ini ternyata pegang peran untuk membuat racikan kari jadi sedap. Selain daun kari, coba saja tambahkan lebih banyak bawang putih agar aromanya makin wangi dan rasanya sedap enak!

Bawang putih yang memiliki nama latin Allium Sativum mudah tumbuh sepanjang tahun. Bawang putih merupakan kerabat dekat dari bawang merah, daun bawang, bawang bombay dan jenis bawang lainnya. Pada masa Mesir kuno, bawang puith tidak hanya digunakan untuk bumbu masakan tapi juga digunakan untuk obat-obatan.

Sedangkan daun ketumbar merupakan salah satu tanaman herbal. Daunnya berbentuk variabel, ramping dan batangnya sedikit berbulu. Dalam dunia kuliner Amerika daun ketumbar sering disebut sebagai ketumbar. Tanaman ketumbar pertama tumbuh di Selatan Eropa dan Afrika Utara kemudian dibawa hingga ke barat daya Asia.

Kedua bumbu masakan ini sering digunakan dibeberapa negara bagian seperti Asia, Afrika dan Eropa, bawang putih sebagai bumbu masakan. Di India bawang putih dan ketumbar sering dicampurkan untuk menguatkan aroma pada kari. Terkadang mereka juga menambahkan tiga buah cabai hijau agar rasa kari menjadi lebih pedas.

Biasanya kari diberi cincangan daun ketumbar dan ditambahkan bawang putih saat kari sedang dimasak. Bawang putih memberi aksen pedas gurih dan aroma wangi. Sedangkan daun ketumbar memberi aroma lebih wangi tajam.Cara ini akan membuat rasa dan aroma wangi pada masakan. Biasanya kari khas India berisi sayuran seperti, terong dan kembang kol.

Daun ketumbar segar dan siung bawang putih juga dapat dijadikan penambah rasa pada bumbu pasta. Jika ingin bau sayuran lebih harum, dapat juga dicampur dengan daun ketumbar segar yang dicincang dan 3-4 siung bawang putih yang dicincang atau dihaluskan.



Sumber

0 komentar:

Poskan Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More