Pages

Jumat, 03 Februari 2012

Google Docs untuk Android Mendapat Kemampuan Akses Dokumen Secara Offline

Google akhirnya menambahkan kemampuan akses dokumen secara offline untuk Google Docs di Android. Kemampuan tersebut memungkinkan pengguna perangkat berbasis Android, baik tablet maupun smartphone, untuk tetap dapat mengakses dokumen-dokumen mereka yang tersimpan di Google Docs walaupun perangkat yang digunakan tidak sedang terhubung ke Internet.

Pengguna Google Docs di Android yang menginginkan agar dokumen yang dimilikinya dapat diakses secara offline hanya perlu memilih pilihan “Make Offline” di dokumen yang diinginkan. Secara otomatis, Google Docs akan mengambil salinan dari dokumen tersebut dan membuatnya dapat diakses dari perangkat yang digunakan kapanpun. Google Docs juga bisa melakukan update secara otomatis untuk setiap dokumen offline setiap kali perangkat terhubung ke Internet atau bila pengguna meminta update terbaru dari dokumen tersebut.
Selama ini, akses dokumen melalui Google Docs di Android hanya dapat dilakukan bila perangkat yang digunakan untuk mengakses terhubung ke Internet. Hadirnya kemampuan mengakses file secara offline ini bisa jadi cukup memudahkan bagi para pengguna Google Docs, terutama bila berada di tempat yang sulit mendapatkan akses Internet. Tetapi, satu hal yang perlu diperhatikan, walaupun pengguna memiliki akses ke dokumen, pengguna tetap tidak dapat melakukan pengubahan pada dokumen tersebut saat tidak sedang terhubung ke Internet.


Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More