Pages

Sabtu, 18 Februari 2012

'Video Game Brutal Bantu Tingkatkan Penglihatan'

Modern of Warfare (Ist)
Jakarta - Video game yang penuh kekerasan ternyata tak melulu membawa dampak negatif. Setidaknya inilah hasil penelitian yang dilakukan oleh sebuah universitas.

Dilaporkan, video game brutal malah bisa membantu perbaikan penglihatan, khususnya bagi mereka yang mengalami gangguan mata. Penelitian yang dilakukan oleh McMaster University di Kanada ini mengambil sampel 6 pasien berusia 19-31 tahun yang sudah lama menderita gangguan mata.

Para partisipan ini diminta menghabiskan waktu selama 40 jam memainkan game EA Medal of Honor selama satu bulan. Dalam sehari mereka ngegame selama tak lebih dari 2 jam, 5 hari dalam seminggu.

Diketahui bahwa 5 dari 6 partisipan tersebut mengalami perbaikan di penglihatan mereka. Peneliti menemukan bahwa konsentrasi dan skill yang dibutuhkan dalam game seperti Call of Duty atau Medal of Honor ternyata membantu remaja mengasah bahkan menguatkan penglihatan mereka.

"Sekitar dua pertiga partisipan yang kami teliti mengalami peningkatan hanya dari memainkan video game action," ujar Maurer, pemimpin penelitian itu seperti yang dikutip detikINET dari AFP, Sabtu (18/2/2012).

Game-game brutal memang mengharuskan pemain untuk terus memonitor apa yang ada di depan karakter yang mereka mainkan. Hal ini lantas mampu meningkatkan kadar dopamin dan adrenalin sehingga dapat membuat otak lebih fleksibel untuk memperbaiki ketajaman visual.



Sumber

0 komentar:

Poskan Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More