Pages

Jumat, 24 Februari 2012

Bill Gates Ingin Perangi Kelaparan dengan Teknologi

Bill Gates (ist)
Jakarta - Pendiri Microsoft Bill Gates meminta dilakukannya revolusi digital untuk mengatasi kelaparan yang masih melanda banyak penduduk dunia. Teknologi yang pesat perkembangannya dapat dimanfaatkan membantu petani meningkatkan produktivitas pangan.

"Kita harus mulai berpikir keras tentang bagaimana mengambil manfaat revolusi digital untuk mendorong inovasi, termasuk di pertanian. Jika Anda peduli pada mereka yang paling miskin, Anda tentunya peduli pula terhadap pertanian," ucap Gates dalam pidatonya di depan lembaga Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Roma.

Gates yakin dengan bantuan teknologi, petani biasa dapat meningkatkan produksi pangan sampai dua atau tiga kali lipat. Dia memberi contoh inovasi genetis telah memungkinkan dipersingkatnya waktu mengembangkan variasi baru bibit singkong dari sepuluh tahun menjadi dua tahun saja.

Dikutip detikINET dari AFP, Jumat (24/2/2012), perkembangan kunci lainnya adalah penggunaan teknologi satelit untuk mendokumentasi data lahan pertanian secara akurat. Yang lain adalah pembuatan berbagai video informasi para petani untuk saling berbagi ilmu pertanian.

Sesudah melepas jabatan di Microsoft, Bill bersama istrinya Melinda kini mencurahkan diri ke bidang filantropis. Drop out Universitas Harvard ini menyumbang dana sangat besar untuk berbagai bidang kemanusiaan, termasuk USD 200 juta untuk membantu pengembangan sektor pertanian.



Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More