Pages

Jumat, 24 Februari 2012

Wah, iPhone Ternyata Hampir 100% Handmade

Pekerja Foxconn (Apple Insider)
Shenzhen, Cina - Menyusul pemberitaan negatif mengenai pabrik Foxconn, sebuah investigasi dilakukan oleh stasiun TV ABC yang menilik langsung pabrik yang berlokasi di China tersebut.

Beberapa fakta mengejutkan pun terkuak, salah satunya bahwa piranti iPhone hampir 100% dirakit dengan tangan alias handmade. Selain melihat secara langsung, laporan yang dihimpun Bill Weir dari ABC ini juga didapat dari survei yang dilakukan pada pekerja dan wawancara keluarga mereka.

Dalam video hasil kunjungan ke Foxconn, terlihat ratusan atau mungkin ribuan pekerja sedang sibuk merakit iPad dan iPhone. Tak banyak terlihat adanya robot atau mesin-mesin besar di sana.

Dilaporkan, untuk membuat satu unit iPhone, sebanyak 141 tahapan harus dilalui. Sedang untuk membuat sebuah sebuah iPad, dibutuhkan waktu 5 hari.

Guna membuat piranti tablet yang didambakan banyak orang ini, prosesnya harus melalui 325 pasang tangan, demikian dilansir ItProPortal, Jumat (24/2/2012). Foxconn juga memproduksi 300.000 modul kamera untuk iPad per harinya.

Atas kerja keras mereka, pekerja Foxconn masih harus membayar sendiri makanannya, yakni sekitar USD 0,70 per makan. Mereka juga diwajibkan membayar USD 17,50 per bulan untuk biaya asrama yang dibagi hingga 7 orang.

Lantas, berapa kira-kira gaji yang mereka terima? Pekerja di Foxconn ternyata menerima gaji sebesar USD 1,78 (Rp 16 ribu) per jamnya.

Tekanan berat para pekerja Foxconn memang bukan menjadi rahasia lagi. Rangkaian bunuh diri yang terjadi menyebabkan pihak Foxconn memasang jaring-jaring d sekitar bangunan untuk mengantisipasi kasus serupa.

Dari video ABC juga diketahui bahwa sebagian besar pekerja di sana masih muda, jarang terlihat pekerja yang berumur di atas 30-an tahun.



Sumber

0 komentar:

Poskan Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More