Pages

Selasa, 21 Februari 2012

Hal-hal yang Sebaiknya Dilakukan Setelah Berolahraga

img


  Sebagian besar orang berolahraga untuk mendapatkan manfaatnya. Agar manfaat yang didapat maksimal, lakukan hal-hal ini setelah berolahraga.

Sebelum berolahraga seseorang disarankan untuk melakukan peregangan agar menghindari cedera dan sakit-sakit di tubuh. Begitu pula setelah beberapa olahraga ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan untuk mendapatkan manfaat maksimal.

Hal ini karena ketika seseorang berolahraga, maka ada kerusakan pada otot, fragmen kecil protein dalam sel-sel otot pecah. Karenanya ketika selesai berolahraga seseorang harus mengganti bagian otot yang hilang tersebut.

Jika otot tidak diberikan waktu yang cukup untuk pulih sepenuhnya lalu melakukan olahraga lagi, maka otot akan menjadi lebih kecil. Karenanya pemulihan setelah olahraga sangat penting untuk otot dan perbaikan jaringan, membangun kekuatan dan pengisian energi.

Merawat tubuh setelah olahraga akan berdampak baik untuk otot, seberapa baik manfaat yang didapat dan berapa banyak ketegangan pada jantung. Berikut ini hal-hal yang sebaiknya dilakukan setelah olahraga, seperti dikutip dari Lifemojo, Selasa (21/2/2012) yaitu:

1. Melakukan peregangan
Hal ini membantu otot menjadi hangat dan lebih elastis serta meningkatkan fleksibilitas dan memaksimalkan jangkauan gerak di sekitar sendi. Peregangan dilakukan di semua kelompok otot utama yang terlibat dalam olahraga.

2. Istirahat atau melakukan cool down
Tubuh memiliki kapasitas yang luar biasa untuk mengurus dirinya sendiri jika diberikan beberapa waktu. Beristirahat dan menunggu setelah olahraga memungkinkan proses perbaikan dan pemulihan terjadi.

3. Meditasi
Meditasi memiliki banyak manfaat seperti membantu mengurangi stres dan menenangkan pikiran yang membuat orang menjadi lebih rileks.

4. Mandi
Setelah istirahat beberapa saat, mandilah dengan air hangat selama 3-4 menit lalu kemudian dibilas dengan air dingin selama 1 menit. Air hangat akan mendorong pembuluh darah untuk diperluas sedangkan air dingin membuatnya kontraksi atau mengecil kembali. Kondisi ini akan mempercepat aliran darah.

5. Makan setelah olahraga
Seseorang perlu mengisi bahan bakar lagi untuk memulihkan, memperbaiki jaringan sehingga semakin kuat dan siap untuk tantangan berikutnya. Idealnya adalah makan 60 menit setelah olahraga dan mengonsumsi protein berkualitas tinggi serta karbohidrat kompleks.

6. Mengganti cairan
Minum air selama olahraga sama pentingnya dengan menjaga tetap terhidrasi setelah olahraga. Para ahli biasanya menyarankan minum 2-3 gelas dalam waktu 2 jam setelah olahraga kemudian minum secara teratur untukmencegah dehidrasi.

7. Melakukan pijatan
Pijat bisa membuat dan memperbaiki sirkulasi lebih baik sehingga jadi lebih santai. Pijat yang baik secara teratur adalah hal yang penting, meski kebanyakan dilakuakn sebulan sekali.

8. Hindari overtraining
Salah satu cara sederhana agar pemulihan lebih cepat adalah merancang olahraga yang cerdas dan rutin, karena olahraga berlebihan membuat seseorang tidak mendapatkan manfaat dan kadang terasa lebih menyiksa.



Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More