Pages

Sabtu, 18 Februari 2012

Pedas yang Menyehatkan

detail berita

KULINER dan praktek pengobatan kuno yang diturunkan dari generasi ke generasi menawarkan ilmu soal menyembuhkan penyakit dengan makanan, bumbu, dan rempah-rempah. Penelitian Barat bahkan mulai mendokumentasikannya.

Dalam beberapa tahun mendatang, bisa jadi lemari obat kita adalah lemari berisi bahan-bahan dapur, penuh bumbu dan rempah-rempah yang akan akan menjaga kita tetap sehat. Setidaknya, ada empat bumbu dan rempah berasa pedas yang bermanfaat untuk kesehatan, seperti dilansir Shine.

Daun ketumbar dan biji ketumbar

Bumbu pedas ini terutama banyak ditemui pada kuliner khas Meksiko, Mediterania, dan beberapa masakan Asia. Daun ketumbar dan biji ketumbar kaya antioksidan yang mampu melawan penyakit.

Penelitian menunjukkan bahwa ketumbar secara khusus kaya karotenoid. Menurut pengobatan Ayurvedic, rasa pahit ketumbar mengandung zat yang dapat berfungsi sebagai pendingin dan pembersih. Ini secara efektif memerbaiki fungsi pencernaan dan menguatkan fungsi hati.

Kayu manis

Kayu manis memiliki rasa pedas sekaligus manis yang berasal dari senyawa fenolik yang disebut cinnamaldehyde. Kayu manis berasal dari Sri Lanka yang kini telah tersebar luas dan salah satu rempah-rempah yang paling umum di seluruh dunia.

Umumnya, kayu manis diresepkan untuk mengobati masalah hilang nafsu makan, kejang ringan, saluran pencernaan, dan perut kembung. Herbalis kadang meresepkan kayu manis dalam bentuk bubuk, cairan rebusan, ekstrak, atau minyak esensial.

Minyak dalam kayu manis juga mengandung antioksidan, antijamur dan sifat antibakteri. Sebuah tinjauan baru-baru ini pada lebih dari 200 artikel penelitian tentang kayu manis menunjukkan bahwa kayu manis memiliki sifat menurunkan gula darah.

Kapulaga

Kapulaga bersifat menenangkan tubuh dan dikenal sebagai ratu rempah-rempah yang masih tergolong keluarga jahe, kunyit, dan lengkuas. Hutan Ghat Barat di India dan Pantai Malabar (Kerala) adalah pusat kapulaga dan beragam varietas kapulaga berpusat di sana.

Dalam pengobatan Ayurveda, minyak kapulaga, seperti halnya minyak cengkeh, digunakan secara eksternal pada penyembuhan sakit gigi. Banyak orang di Asia Selatan membawa kotak kecil berisi kapulaga untuk menyegarkan bau napas. Atau dengan cara biji kapulaga dilumatkan dan direndam dalam air panas kemudian dihirup untuk membantu masalah pencernaan dan bertindak sebagai karminatif.

Kunyit

Kunyit merupakan rimpang asli dari Asia Selatan dengan warna kuning-oranye yang mencolok ketika diiris. Tak heran jika rempah satu ini kerap dimanfaatkan untuk pewarna makanan. Untuk pengolahan makanan, kunyit banyak digunakan untuk bumbu kari.
Dalam pengobatan Ayurveda, kunyit diyakini membantu meningkatkan nafsu makan, mengurangi batuk dan sakit tenggorokan, serta banyak manfaat lain.



Sumber

0 komentar:

Poskan Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More