Pages

Selasa, 28 Februari 2012

Game Facebook Akan Mati?

Sejak kelahiran situs jejaring sosial seperti Friendster, MySpace, Facebook, dan Twitter di dunia maya, manusia modern mengembangkan cara yang berbeda untuk berinteraksi satu sama lain. Tidak hanya sekedar saling berbagi informasi, tetapi juga bergabung di dalam sebuah pengalaman multimedia yang  memungkinkan mereka untuk bermain bersama. Bahkan untuk Facebook sendiri, game-game berbasis Flash ini mampu menarik pengguna hingga ratusan juta orang dan membuat perusahaan seperti Zynga meroket ke luar angkasa. Apakah tren ini akan berlanjut di masa depan? Pada akhirnya angkalah yang berbicara. Nyatanya, game Facebook perlahan namun pasti mulai kehilangan pesonanya.

Setelah mencapai puncaknya di tahun 2009 dan 2010 silam, data menunjukkan bahwa user yang memainkan game di Facebook mengalami penurunan yang cukup signifikan di tahun 2011 kemarin. Jika di tahun 2010 kurang lebih 50 persen user tertarik dengan fitur ini, maka di tahun 2011 hanya tertinggal 25 persen user saja yang masih bermain game di Facebook. Data yang ditunjukkan Screen Digest, analis di industri ini juga memperlihatkan bahwa ada penurunan yang cukup signifikan bagi user game-game dari Zynga. Tercatat penurunan hingga 40 juta user per bulannya, dari 266 juta menjadi hanya 225 juta user / bulan.
Bye-bye Ville?

Apa alasan utama di balik penurunan ini? Setelah mencapai peningkatan eksplosif di tahun 2009 dan 2010, game Facebook telah mencapai “masa dewasa” di tahun 2011, dimana pertumbuhan menjadi sesuatu yang sulit untuk dicapai. Tidak ada format dan keunikan lagi yang bisa ditawarkan. Walaupun game-game di situs jejaring sosial seperti ini masih menyimpan segudang potensi yang masih bisa digali dan digunakan untuk meraih keuntungan, namun ia tidak akan mampu lagi tumbuh seperti di tahun-tahun sebelumnya. Apakah ini akan menjadi pertanda bahwa game Facebook akan mati dalam beberapa tahun ke depan? Bukan sesuatu yang tidak mungkin terjadi.


Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More