Pages

Jumat, 24 Februari 2012

Profil di Facebook Prediksi Performa Kerja

Amerika Serikat - Satu lagi alasan mengapa Anda harus memperhatikan apa saja yang diperlihatkan di profil Facebook. Studi terbaru menyebutkan, profil di Facebook lebih akurat memprediksi performa kerja seseorang ketimbang tes kecerdasan atau IQ. Setidaknya demikian hasil penelitian di Amerika Serikat.

Oleh karenanya, para peneliti dari Northern Illinois Univeristy, University of Evansville dan Auburn University yang menggagas studi ini, menyarankan tim perekrutan karyawan sebuah perusahaan untuk melihat profil Facebook para pelamar, sebelum mempekerjakan mereka.

Dilansir Los Angeles Times, Jumat (24/2/2012), studi ini melibatkan empat orang tenaga perekrutan profesional yang paham fungsi Facebook untuk merekrut SDM (sumber daya manusia). Mereka diminta meneliti profil dari 56 Facebooker.

Keempatnya meneliti setiap profil sekitar 10 menit sebelum menyimpulkan apa yang disebut Big Five Personality Trait dari masing-masing calon karyawan tersebut. Lima kriteria yang disimpulkan dari profil tersebut yakni keterbukaan, kecermatan, kepedulian terhadap sekitar, keramahan dan kepribadian mental.

Enam bulan kemudian, para peneliti membandingkan hasil analisa ke-56 karyawan tersebut dengan hasil evaluasi supervisor. Evaluasi ini tentu saja objektif, hasilnya memperlihatkan ada hubungan kuat antara sifat-sifat yang dikemukakan termasuk tingkat keingintahuan intelektual, sikap untuk menyetujui sebuah keputusan dan kehati-hatian.

Postingan foto atau referensi yang memperlihatkan kegiatan traveling memberikan sinyal keterbukaan seseorang terhadap pengalaman baru dan sifat senang berpetualang. Sementara jumlah teman yang dimilik seorang pengguna Facebook mengindikasikan kepedulian terhadap sekitar.

Peneliti pun melakukan studi kedua kalinya dengan masih melihat hasil evaluasi yang dilihat dari profil Facebook. Kali ini kaitannya dengan kesuksesan akademik.

Laporan yang melibatkan 244 orang ini menemukan bahwa profil Facebook juga bisa menjadi peramal tingkat kepintaran yang akurat. "Kami bisa memprediksi kesuksesan akademik lebih baik ketimbang tes IQ," klaim Don Kluemper, juru bicara para peneliti.

Meski demikian, dikatakan Kluemper diperlukan lebih banyak riset untuk menunjukkan keterikatan antara profil Facebook dan performa kerja. Namun menurutnya ada ribuan studi yang memperlihatkan tes kepribadian bisa memprediksi performa kerja.



Sumber

0 komentar:

Poskan Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More