Pages

Kamis, 19 Januari 2012

Agar Obat dan Makanan Tidak Saling Sebabkan Interaksi

img
Kadang-kadang makanan dan obat-obatan yang dikonsumsi secara bersamaan dapat menyebabkan interaksi yang cukup berisiko. Interaksi antara obat dan makanan terjadi ketika makanan yang dikonsumsi mempengaruhi bahan dalam obat, sehingga tidak dapat bekerja dengan cara yang seharusnya.

Banyak orang yang seringkali menggabungkan makanan, misalnya cokelat dan selai kacang bisa dianggap sebagai kombinasi lezat. Tetapi makan cokelat dan minum obat tertentu mungkin dapat membawa risiko.

Makan cokelat dan mengonsumsi obat golongan monoamine oxidase (MAO) inhibitors, seperti Nardil (phenelzine) atau Parnate (tranylcypromine) dapat berbahaya.

MAO inhibitors merupakan obat untuk mengobati depresi. Seseorang yang makan cokelat dengan jumlah yang berlebihan setelah mengonsumsi MAO inhibitors dapat mengalami peningkatan tajam dalam tekanan darah.

Obat dan makanan dapat mengalami interaksi dengan obat-obatan baik resep maupun obat yang dijual bebas, termasuk antasida, vitamin dan pil zat besi.

Ada 3 jenis utama dari interaksi obat, antara lain:

1. Obat-obatan dengan makanan dan minuman
2. Obat dengan suplemen diet
3. Obat-obatan dengan obat lain

"Konsumen harus mempelajari mengenai peringatan yang tertera di label obat dan berkonsultasi dengan dokter mereka mengenai cara untuk menurunkan risiko interaksi obat," kata Shiew Mei Huang, Ph.D., wakil direktur Office of Clinical Pharmacology di FDA's Center for Drug Evaluation and Research (CDER).

Kira-kira bagaimana cara untuk menghindari interaksi antara obat dan makanan?

American Academy of Family Physicians merekomendasikan cara untuk menghindari interaksi antara obat dan makanan seperti dikutip dari EverydayHealth, Kamis (19/1/2012) antara lain:

1. Selalu membaca label pada obat-obatan yang akan dikonsumsi, mengajukan pertanyaan pada dokter atau apoteker jika tidak memahami petunjuk pada label obat.

2. Mengikuti semua instruksi dan peringatan di label obat resep dan obat yang dijual bebas.

3. Meminum obat apapun dengan segelas air putih, kecuali dokter telah menyarankan menggunakan cara yang berbeda.

4. Jangan mengaduk obat dengan makanan atau membuka kapsul, kecuali dokter telah memberitahu untuk melakukannya.

5. Jangan minum obat apa pun pada saat yang sama, termasuk meminum vitamin.

6. Jangan mencampur obat dalam minuman panas, dan jangan pernah minum obat dengan minuman alkohol.




Sumber

0 komentar:

Poskan Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More