Pages

Sabtu, 14 Januari 2012

Cegah Hepatitis A, Septic Tank Harus Jauh dari Sumber Air

img
Sejak awal Desember 2011, hepatitis A telah menyerang Yogyakarta, tepatnya di Kecamatan Nanggulan, Kulonprogo. Timbulnya penyakit ini dinilai berhubungan dengan faktor lingkungan antara lain penampungan tinja yang dekat sumber air.

Sampai saat ini, total terdapat 94 kasus yang terjadi di wilayah yang terletak di ujung barat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tersebut. Untungnya, semua pasien telah tertangani dengan baik dan saat ini tinggal 3 orang yang masih sakit dan mendapat perawatan.

Merebaknya penyakit hepatitis A di Kulonprogo dimulai sejak pekan ke-46 tahun 2011 atau sekitar akhir Desember 2011. Dalam emailnya untuk wartawan, Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kemenkes, Prof Dr Tjandra Yoga Aditama mengatakan puncaknya terjadi pada pekan ke-52, dengan jumlah pasien yang dirawat mencapai 28 orang.

Hepatitis A merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus yang disebarkan secara fecal-oral atau melalui tinja penderita yang mencemari makanan, bukan melalui aktivitas seksual atau melalui transfusi darah. Hepatitis A paling ringan dibanding jenis hepatitis yang lain.

"Hepatitis A ditularkan lewat oral, dan tidak pernah terjadi kasus ini di di Kulonprogo sebelumnya. Kami menduga ada warga yang datang dari luar, kemudian tidak sengaja menularkan virusnya," kata dr Th Baning Rahayujati, MKes, Kepala Seksi Surveilans Dinas Kesehatan Kulonprogo.

dr Baning juga menyarankan kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga sanitasi, terutama tempat penampungan tinja sebaiknya ditempatkan jauh dari sumber air. Sebelumnya, wabah leptopsirosis juga pernah menyerang Kulonprogo pada bulan Agustus-September 2011. Leptopsirosis ditularkan dari tikus kepada manusia lewat medium air.

Masalah sanitasi ini juga diamini oleh Kepala Puskesmas Nanggulan, dr Bangun. Menurutnya, beberapa warga memiliki tempat penampungan tinja yang dekat dengan kolam. Hal ini membuat virus hepatitis A menyebar lewat air yang terkontaminasi dan tidak disterilkan dengan baik.




Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More