Pages

Jumat, 27 Januari 2012

Empat Kekeliruan Memasak

detail berita

SERING kali dalam mengolah makanan, faktor kebiasaan menjadi andalan kebanyakan orang. Apakah kebiasaan Anda selama ini tergolong kekeliruan? Cari tahu jawabannya di sini!

Berikut beberapa kekeliruan yang kerap dilakukan ketika memasak, seperti dilansir Shine, Jumat (27/1/2012).

Takaran tanpa indikator

Dalam membuat kue, biasanya banyak sekali bahan-bahan yang digunakan. Namun, mengapa rasa yang diharapkan kurang sesuai dengan keinginan? Mungkin karena takaran bahan yang Anda berikan tidak tepat, padahal takaran dalam pembuatan kue adalah hal yang penting.

Misalnya tepung, kebanyakan pengukuran menggunakan alat ukur yang tidak disarankan; gelas, mangkok, dan sebagainya yang tidak memiliki angka indikator. Cara yang benar adalah mengukur tepung dengan alat ukur yang memiliki indikator sehingga hasil masakan bisa maksimal.

Menyimpan makanan dalam panci

Bahan alumunium sering digunakan saat kita mengolah makanan, tetapi perlu diperhatikan cara penggunaannya. Makanan yang diolah dengan panci alumunium dan besi jangan dibiarkan lebih dari satu hari berada di dalamnya. Anda harus memindahkan masakan ke wadah lain.

Bahan alumunium dan besi menyebabkan masakan mudah asam bila Anda tetap menyimpan di dalamnya. Sebagai solusi, Anda harus memberikan sedikit perasan jeruk lemon agar tidak berekasi dengan panci yang digunakan. Namun masalahnya, tidak semua masakan membutuhkan perasan jeruk lemon.

Masak banyak sekaligus
Jika ingin hasil masak yang baik, jangan memasukkan terlalu banyak bahan sekaligus. Ketika memasak daging atau tahu, menambahkan bahan makanan terlalu banyak menyebabkan suhu panci turun dengan cepat. Alhasil, makanan mudah menempel ke alat masak.

Sementara bila yang diolah sayuran, jika Anda memasukkan terlalu banyak, sayuran lebih mungkin untuk mengeluarkan uap dan menjadi basah. Jadi, timbangkan bila ingin memasak dalam jumlah besar, lebih baik dilakukan beberapa kali.

Alat masak tidak dipanaskan

Dalam mengolah makanan, baik direbus, ditumis, maupun dipanggang, Anda wajib memanaskan alat masak terlebih dahulu. Bila belum dipanaskan, sama saja Anda membuang waktu memasak, bahkan bisa jadi makanan yang Anda olah tidak matang secara merata. Sementara dalam proses pemanggangan, bisa jadi makanan yang dipanggang akan lengket di alat masak.



Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More