Pages

Jumat, 03 Februari 2012

Lobular Carcinoma In Situ, Sel-sel Abnormal Pada Payudara

img

Deskripsi

Lobular carcinoma in situ (LCIS) adalah kondisi umum di mana sel-sel abnormal terbentuk pada lobulus atau kelenjar susu di payudara. LCIS ​​bukan kanker, tetapi didiagnosa dengan LCIS menunjukkan bahwa pasien memiliki peningkatan risiko mengembangkan kanker payudara.

LCIS ​​biasanya tidak muncul pada mammogram. Kondisi ini paling sering ditemukan sebagai hasil dari biopsi yang dilakukan untuk alasan lain, seperti benjolan payudara yang mencurigakan atau mamografi abnormal.

Wanita dengan LCIS memiliki peningkatan risiko mengembangkan kanker payudara invasif pada payudara kedua. Jika telah didiagnosa dengan LCIS, dokter dapat merekomendasikan skrining kanker payudara dan akan meminta pasien untuk mempertimbangkan perawatan untuk mengurangi risiko kanker payudara invasif.

Penyebab

Tidak jelas apa yang menyebabkan LCIS. LCIS ​​dimulai ketika sel-sel dalam kelenjar penghasil susu (lobulus) dari payudara mengembangkan mutasi genetik yang menyebabkan sel-sel yang abnormal muncul. Sel-sel yang abnormal tetap dalam lobulus dan tidak meluas atau menyerang jaringan payudara di dekatnya. LCIS bukan kanker dan tidak berkembang menjadi kanker.

Tetapi LCIS meningkatkan risiko kanker payudara dan lebih mungkin mengembangkan kanker payudara invasif. Risiko kanker payudara pada wanita didiagnosa dengan LCIS dianggap 20 persen. Dengan kata lain, untuk setiap 100 wanita didiagnosa dengan LCIS, 20 akan didiagnosa dengan kanker payudara dan 80 tidak akan didiagnosa dengan kanker payudara.

Risiko bagi perempuan pada umumnya dianggap 12 persen. Dengan kata lain, untuk setiap 100 wanita pada populasi umum, 12 akan didiagnosa dengan kanker payudara dalam hidup mereka. Risiko individu pada kanker payudara didasarkan pada banyak faktor.


Gejala

LCIS tidak menyebabkan tanda atau gejala. Sebaliknya, dokter mungkin menemukan secara kebetulan bahwa pasien memiliki LCIS, misalnya, setelah biopsi untuk menilai benjolan payudara atau area yang abnormal, seperti microcalcifications, yang ditemukan pada mammogram.

Pengobatan

Ada tiga pendekatan utama untuk pengobatan LCIS, yaitu observasi yang cermat, minum obat untuk mengurangi risiko kanker (chemoprevention) atau operasi pencegahan.

1. Observasi

Jika telah didiagnosa dengan LCIS, dokter dapat merekomendasikan pemeriksaan lebih sering untuk memonitor tanda-tandayang mengarah pada kanker.

2. Minum obat untuk mengurangi risiko kanker (chemoprevention)

Dua reseptor estrogen selektif modulator (SERM) obat disetujui untuk mengurangi risiko kanker payudara invasif. Kedua obat ini bekerja dengan menghalangi penerimaan jaringan payudara untuk estrogen, yang mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan tumor payudara.

3. Operasi pencegahan

Salah satu pilihan lain untuk mengobati LCIS adalah pencegahan (profilaksis) mastektomi. Operasi ini menghilangkan kedua payudara, bukan hanya payudara yang terkena dengan LCIS. Tujuan operasi ini untuk mengurangi risiko mengembangkan kanker payudara invasif.

4. Uji klinis untuk kanker payudara

Jika memiliki LCIS, maka mungk



Sumber

0 komentar:

Poskan Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More