Pages

Minggu, 17 Juni 2012

Keratitis, Peradangan pada Kornea

img

Deskripsi

Keratitis adalah peradangan pada kornea, yaitu jaringan di bagian depan mata Anda yang menutupi pupil dan iris. Keratitis dapat disebabkan oleh cedera yang relatif kecil, seperti goresan kuku, atau pemakaian lensa kontak yang terlalu lama yang dapat menular. Keratitis juga dapat disertai infeksi yang disebabkan oleh bakteri, virus, jamur dan parasit. Jika tidak diobati, atau jika infeksi semakin parah, keratitis dapat mengakibatkan komplikasi serius yang secara permanen dapat merusak penglihatan Anda.

Penyebab

Penyebab keratitis antara lain:
1. Cedera Jika goresan benda mengenai permukaan salah satu kornea mata atau menembus kornea, keratitis tanpa infeksi bisa terjadi. Tetepi, jika bakteri atau jamur dapat mengakses permukaan yang rusak tersebut, akan menyebabkan infeksi.

 2. Terkontaminasi lensa kontak Bakteri, jamur atau parasit, khususnya parasit mikroskopis acanthamoeba kadang menghuni permukaan lensa kontak dan mencemari kornea, sehingga menghasilkan keratitis menular.

3. Virus Virus seperti virus herpes dan virus yang menyebabkan klamidia dapat menyebabkan keratitis.

4. Terkontaminasi air Bakteri dan jamur dalam air, terutama di lautan, sungai, danau dan kolam air panas, bisa masuk ke mata ketika Anda sedang berenang atau mandi dan akan mengakibatkan keratitis.

Gejala

Gejala keratitis antara lain:
 1. Mata kemerahan

2. Sakit mata

3. Keluar air mata

4. Kesulitan membuka kelopak mata Anda karena sakit atau iritasi

5. Penglihatan kabur

6. Sensitivitas terhadap cahaya (fotofobia)

7. Perasaan terbakar atau gatal berpasir di mata Anda

8. Pembengkakan di sekitar mata

9. Perasaan bahwa ada sesuatu yang di mata Anda

Pengobatan

Jika Anda melihat gejala keratitis, segera periksakan kondisi Anda ke dokter. Keterlambatan diagnosis dan pengobatan keratitis dapat mengakibatkan komplikasi serius, termasuk kebutaan. Pengobatan keratitis tidak menular bervariasi tergantung pada penyebabnya. Namun, untuk kasus tanpa komplikasi, misalnya keratitis yang disebabkan oleh goresan atau pemakaian lensa kontak terlalu lama, sebuah penutup mata yang dikenakan 24 jam dan obat mata topikal mungkin diperlukan. Pengobatan infeksi keratitis bervariasi, tergantung pada penyebab infeksi. Untuk keratitis yang disebabkan bakteri yang ringan, obat tetes mata antibakteri efektif mengobati infeksi. Jika infeksi sedang sampai berat, Anda mungkin harus minum antibiotik oral untuk menyingkirkan infeksi. Anda mungkin juga perlu untuk menggunakan obat tetes mata kortikosteroid untuk mengurangi peradangan keratitis bakteri. Keratitis yang disebabkan oleh jamur biasanya memerlukan obat tetes mata antijamur dan obat antijamur oral. Dan jika virus yang menyebabkan infeksi, obat tetes mata antivirus dan obat antivirus oral mungkin efektif. Tapi obat-obat ini mungkin tidak dapat untuk menghilangkan virus sepenuhnya, dan keratitis virus bisa kambuh lagi. Keratitis yang disebabkan oleh parasit acanthamoeba kecil bisa sulit untuk diobati. Tetes mata antibiotik mungkin membantu, tetapi beberapa infeksi acanthamoeba tahan terhadap obat. Kasus yang parah keratitis acanthamoeba sering membutuhkan transplantasi kornea (keratoplasty).



Sumber

1 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More