Pages

Selasa, 19 Juni 2012

Varikokel, Pelebaran Pembuluh Darah di Skrotum

img

Deskripsi

Varikokel adalah pelebaran pembuluh darah di dalam skrotum, kantung yang membungkus testis Anda. Varikokel mirip dengan varises yang biasanya terjadi pada kaki. Varikokel menyebabkan rendahnya produksi sperma dan penurunan kualitas sperma yang dapat menyebabkan infertilitas. Varikokel juga bisa menyebabkan testis menyusut.

Penyebab

Penyebab varikokel belum diketahui tetapi banyak ahli percaya varikokel terbentuk ketika katup pembuluh darah di dalam tali pusar mencegah darah mengalir dengan benar. Akibatnya pembuluh darah tersebut jadi melebar (membesar). Varikokel seringkali terbentuk saat pubertas. Varikokel biasanya terjadi di sisi kiri skrotum, kemungkinan besar karena posisi pembuluh vena pada testis berada di sebelah kiri. Namun varikokel dalam satu testis dapat mempengaruhi produksi sperma pada kedua testis.

Gejala

Biasanya varikokel tidak memunculkan gejala-gejala tertentu. Kalaupun ada, gejala itu jarang terjadi dan hanya berupa nyeri yang sifatnya:
1. Bervariasi, mulai biasa saja hingga tajam
2. Bisa meningkat ketika dipakai untuk duduk, berdiri atau melakukan aktivitas fisik, terutama dalam waktu yang lama
3. Bisa memburuk hanya dalam sehari
4. Bisa hilang jika Anda berbaring telentang Meski tidak memunculkan gejala-gejala khusus, dari waktu ke waktu, varikokel bisa membesar dan mudah dikenali.

Pengobatan

1. Operasi perbaikan varikokel
2. Operasi laparoskopi
3. Embolisasi varikokel dengan memasukkan kateter atau selang kecil ke pembuluh darah.



Sumber

0 komentar:

Poskan Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More