Pages

Minggu, 24 Juni 2012

ACAD/MEDRE.A: Musuh Baru Pengguna AutoCAD


Berita yang satu ini mungkin akan membuat Anda para pengguna AutoCAD khawatir. Para peneliti dari ESET menemukan sebuah worm baru yang dicurigai dapat mencuri data dengan format AutoCAD!

Apa efek buruk dari pencurian data AutoCAD ini? Bayangkan jika desain yang bersifat rahasia, tersebut hilang dan berpindah ke komputer perusahaan pesaing, kemudian mengklaim sebagai miliknya, lalu mendaftarkan patennya. Jelas masalah hak cipta terkait, reputasi desainer, belum lagi kerugian materil yang potensial muncul.

China diindikasi sebagai titik awal penyebaran ACAD/MEDRE.A. Kemudian ESET mencatat adanya lonjakan worm tersebut di Peru. Dikonfirmasi adanya aliran puluhan ribu file hasil desai dengan AutoCAD yang bocor dari pengguna di Peru. Uniknya, file tersebut terpantau menuju ke beberapa bagian di China.

ESET Senior Research Fellow, Righard Zwienenberg, menyatakan, “Setelah selesai melakukan perubahan konfigurasi di beberapa bagian, Worm Medre akan mengirimkan file-file yang telah berhasil dibuka lewat e-mail ke beberapa domain internet provider di China. Transfer file dilakukan dengan menggunakan e-mail, dan deteksi ESET mencatat ada 22 akun email yang terkoneksi dengan domain 163.com, dan 21 akun dengan qq.com, keduanya internet provider di China.”

Beberapa institut teknologi di China dikabarkan sedang berusaha keras untuk mencegah worm tersebut semakin menyebar. Chinese ISP Tencent, Chinese National Computer Virus Emergency Response Center, dan Autodesk, sebagai pengembang AutoCAD, adalah beberapa perusahaan yang sedang berusaha menghentikan penyebaran tersebut.


Sumber

0 komentar:

Poskan Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More