Pages

Jumat, 15 Juni 2012

Tips Jaga Kondisi Saat Begadang EURO

 

Ajang Piala Eropa atau Euro 2012 membuat pecinta sepak bola harus rela begadang hingga pagi hari untuk menyaksikan tim kesayangannya. Selama sebulan, lembur nonton bola tidak bisa dihindari. Selain perlu menjaga stamina, asupan makanan dan minuman harus tetap diperhatikan agar kondisi tubuh tetap terjaga. 

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa diterapkan:

1. Tidur siang yang cukup
  Saat merencanakan untuk begadang pada malam hari, tidur siang yang cukup harus dimasukkan agenda hari sebelumnya. Masalahnya, hal itu tidak bisa dilakukan ketika sibuk dengan pekerjaan pada siang harinya. Cara menyiasatinya, tidurlah selama 12 jam pada malam sebelumnya. Atau jika akan bekerja dimulai tengah malam, tidurlah lebih awal lalu bangun beberapa saat menjelang jam kerja. Pastikan waktu istirahat tidak kurang dari 7-8 jam dalam sehari.

2. Pilih makanan ringan
Supaya tidak merasa mengantuk saat begadang, hindari makanan berat yang banyak mengandung gula dan karbohidrat. Pilih buah-buahan, sayur atau salad sebagai cemilan sehat. Tidak hanya mencegah rasa kantuk, makanan tersebut menjamin kebutuhan energi sehingga tidak kelelahan saat tidak tidur semalaman. Sambal atau saus pedas boleh ditambahkan, sekedar untuk menghindari rasa kantuk.

3. Lakukan aktivitas fisik
Banyak orang telah membuktikan bahwa aktivitas fisik adalah solusi yang efektif untuk mengatasi rasa kantuk. Olahraga membuat tubuh lebih terjaga, sehingga tidak merasa mengantuk. Karena itu jika mulai menguap saat kerja, manfaatkan jeda waktu istirahat 15 menit untuk berjalan kaki ke luar ruangan. Sebab selain aktivitas fisik, udara segar juga sangat membantu dalam menjaga tubuh tetap merasa bugar. Jika masih mengantuk, push up 50 kali atau jalan naik turun tangga dijamin bisa membuat tubuh kembali bugar.

4. Minum kopi
Kafein yang terkandung dalam kopi maupun minuman berenergi memang bukan solusi alami untuk membuat tubuh tetap terjaga, karena memanipulasi kerja sistem organ. Namun selama tidak dikonsumsi secara berlebihan, minuman tersebut terbukti cukup efektif menjaga ritme jantung sepanjang malam. Usahakan tidak sampai menyebabkan kecanduan, dan sebaiknya baru diminum ketika rasa kantuk benar-benar tidak tertahankan dan tips lainnya sudah tidak mempan untuk mengatasinya. 



0 komentar:

Poskan Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More