Pages

Sabtu, 30 Juni 2012

Michelin Perkenalkan Teknologi Active Wheel

Girboks, kopling, poros penggerak, bar antiroll, dan sambungan universal merupakan bagian penting bagi mobil konvensional. Namun, produsen ban asal Perancis, Michelin, berkata berbeda. Mereka mengatakan bahwa komponen-komponen tersebut tidak perlu digunakan dalam rangkaian mobil masa depan. How come?

Michelin akan memamerkan teknologi inovatifnya yang dinamakan Active Wheel dalam ajang Goodwood Festival of Speed. Sesuai namanya, teknologi ini memungkinkan ban mobil untuk bergerak secara bebas tanpa bantuan motor penggerak dari mobil. Hal ini terwujud melalui sepasang motor elektrik yang dibenamkan langsung di dalam ban tersebut. Satu motor berperan sebagai penggerak bertenaga 40 bhp dan penghenti laju kendaraan, sedangkan motor lainnya berperan sebagai sistem suspensi aktif yang meningkatkan kenyamanan, stabilitas, dan handling.


Sistem tersebut ditenagai oleh baterai atau fuel cell dalam kendaraan. Masing-masing ban aktif dari Michelin memiliki bobot 42 kilogram dan dihubungkan langsung ke chassis mobil menggunakan kontrol lengan bawah tunggal. Sepasang ban aktif Michelin dapat menggerakkan kendaraan dengan tenaga gabungan sebesar 81 bhp yang dapat dimaksimalkan hingga 163 bhp.
Teknologi Active Wheel dari Michelin dilengkapi dengan motor suspensi listrik yang menggantikan peran suspensi mekanikal dalam mobil konvensional. Selain itu, Michelin turut menyematkan kumparan pegas untuk menahan beban statis kendaraan dalam ban aktifnya.



Sumber

0 komentar:

Poskan Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More