Pages

Selasa, 26 Juni 2012

Pneumothorax, Bocornya Udara ke Ruang antar Paru-Paru dan Dinding Dada

img

Deskripsi

Pneumothorax adalah kondisi yang dikenal dengan paru-paru runtuh. Pneumothorax terjadi ketika ada kebocoran udara ke dalam ruang antara paru-paru dan dinding dada. Hal ini mendorong udara di bagian luar paru-paru dan membuatnya terdesak.

Penyebab

Pneumothorax dapat disebabkan oleh cedera dada atau penetrasi yaitu prosedur medis tertentu yang melibatkan paru-paru atau kerusakan akibat penyakit paru-paru. Kadang-kadang, pneumothorax terjadi tanpa alasan yang jelas.

Gejala

Orang yang menderita pneumothorax akan menunjukkan gejala sebagai berikut:

1. Nyeri dada
Tiba-tiba, Anda akan merasakan nyeri yang tajam di dada.

2. Sesak napas
Sesak napas ini bisa ringan maupun berat, tergantung pada seberapa banyak paru-paru Anda yang terdesak dan apakah Anda telah memiliki penyakit paru-paru sebelumnya.

Pengobatan

Segera periksakan kondisi Anda ke dokter jika Anda mengalami nyeri di dada yang tiba-tiba dan kesulitan bernapas. Tujuan pengobatan pneumothorax adalah untuk meringankan tekanan pada paru-paru Anda.

Sehingga paru-paru dapat berkembang kembali dan untuk mencegah kambuh. Pengobatan dilakukan berdasarkan seberapa parah kondisi Anda, biasanya kondisi ini diperiksa dengan terapi serangkaian sinar-X pada dada sampai udara benar-benar diserap dan paru-paru Anda telah kembali normal.

Jika area paru-paru yang terdesak lebih besar, kemungkinan Anda perlu mendapatkan pengobatan dengan menggunakan jarum atau tabung dada untuk mengeluarkan udara. Jarum berongga atau tabung dimasukkan antara tulang rusuk ke dalam ruang berisi udara yang mendesak paru-paru Anda.

Jika tabung dada tidak menyelesaikan masalah, pembedahan mungkin diperlukan untuk menutup kebocoran udara.




Sumber


0 komentar:

Poskan Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More