Pages

Jumat, 27 Januari 2012

Nintendo Prediksikan Rugi Besar di Tahun 2012

Siapa yang tidak mengenal nama besar Nintendo di industri game? Perusahaan game raksasa asal Jepang ini telah menjadi salah satu pilar penyangga kelahiran industri game sejak awal.

Tidak heran, Nintendo kini seolah telah bertransformasi menjadi identitas dunia game itu sendiri. Ketika kompetitor lain berusaha menang lewat raw power, Nintendo menarik perhatian dunia lewat inovasi yang hadir secara konsisten. Namun ada yang berbeda dengan Nintendo dalam satu tahun terakhir ini. Semua kekuatan utama perusahaan ini seolah menghilang begitu saja. Nintendo terus mengalami kerugian besar yang kian mencemaskan.
Nintendo mungkin menjadi penguasa pasar Jepang di tahun 2011 lewat handheld dan konsol mereka yang laris manis. Namun sayangnya, hal ini tidak lantas membuat Nintendo untung besar. Dari catatan tahun finansial yang masih berjalan, hingga Desember 2011  kemarin, Nintendo memperlihatkan kinerja yang buruk. Penjualan yang tidak sesuai prediksi dan nilai tukar Yen yang tidak stabil membuat Nintendo harus menelan kerugian hingga 48 Milyar Yen atau sekitar 600 Juta USD. Apakah kondisi ini akan semakin membaik pada tahun 2012 ini? Nintendo sendiri tidak terlalu optimis.
Hang on, Nintendo!
Dalam rencana tahun finansial mereka di tahun 2012 ini, Nintendo secara mengejutkan justru meningkatkan prediksi angka kerugian mereka, dari 20 Milyar Yen menjadi 65 Milyar Yen (840 juta USD). Sebuah prediksi tahun yang penuh dengan pesimisme. Padahal di akhir tahun 2012 ini, Nintendo berencana untuk merilis konsol teranyar mereka – Wii U. Apakah ini berarti mereka sendiri tidak yakin bahwa konsol ini tidak akan sukses di pasaran? Untuk sementara ini, Nintendo 3DS menjadi satu-satunya pilar yang bisa diandalkan Nintendo. Dengan total penjualan mencapai 15 juta unit hingga saat ini, Nintendo 3DS akan tetap primadona di tahun 2012 ini.



Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More