Pages

Kamis, 12 Januari 2012

Sistem Adaptiv Menjadikan Tank di Masa Depan Tidak Kasatmata

Perusahaan asal Inggris, BAE Systems, belum lama ini memperkenalkan sistem terbaru mereka yang diberi nama “Adaptiv”. Sistem ini dapat membantu menyembunyikan tank dari peralatan pencitraan infra merah yang sering digunakan ketika berperang. Hal ini dapat dilakukan menyambungkan ratusan sel electrothermal yang memiliki bentuk hexagonal dan berukuran 5,5 inci di tubuh tank, serta sensor infa merah yang dapat mendeteksi suhu lingkungan sekitar tank tersebut.


Sesuai dengan namanya, sistem Adaptiv ini bersifat dinamis. Dengan kata lain, operator tank dapat menyesuaikan suhu kendaraan dengan suhu lingkungan sekitarnya untuk mengelabui peralatan pencitraan infra merah ketika berada dalam kondisi diam. Ketika tank sedang berjalan, operator dapat memimik suhu obyek, seperti mobil atau sapi, yang telah diprogram sebelumnya. Untuk menghindari serangan dari teman sendiri, operator tank dapat meningkatkan suhu kendaraan untuk membedakannya dari kendaraan perang lainnya.

Untuk memastikan setiap sudut tank tidak terbaca oleh sensor infra merah, BAE Systems melengkapi knalpot mesin dengan sejumlah ventilasi untuk mempercepat proses pendinginan. Perusahaan tersebut juga membenamkan motor elektrik agar tank dapat berjalan tanpa mengeluarkan suara untuk semakin menyembunyikan posisi tank. BAE Systems bahkan telah melakukan percobaan dengan generasi terbaru dari sel electrothermal mereka yang dikabarkan dapat berubah warna.



Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More