Pages

Jumat, 20 Januari 2012

Yuk, Meracik dan Makan Yee Sang!

img
\Yee Sang adalah salad kombinasi antara ikan dan sayuran, serta bahan lain yang dihidangkan saat imlek. Rasa Yee Sang yang manis, pedas, asam dan asin melambangkan 'rasa' kehidupan. Tiap tahap meracik diiringi ada doa-doa khusus.

Yee Sang secara harafiah berarti salad ikan mentah, namun pengucapannya yang mirip kata ‘yusheng’ yang berarti rezeki dan kemakmuran. Yee Sang pun diracik dengan cara unik, yaitu diaduk dengan sumpit sambil melemparnya ke atas. Makin tinggi lemparan, makin tinggi pula rezekinya!

Berikut ini tahapan meracik Yee Sang yang dilakukan secara bersama- sama sebelum dimakan, seperti disajikan di Pearl Chinese Restaurant, hotel JW Marriott Jakarta.

1. Bahan-bahan
Bahan utamanya adalah ikan, air perasan jeruk lemon, plum sauce, lada, five spice powder, pok choi cracker, dan sayuran. Ikan melambangkan rezeki melimpah dan hidup baru, biasanya digunakan ikan salmon. Air perasan jeruk lemon lambang tambahan keberuntungan dan semangkuk minyak yang mewakili harapan akan terkabul. Semangkuk plum sauce melambangkan hidup yang dipenuhi dengan harta.
 
 2. Bahan Pelengkap
 Lada dan five spice  powder dikemas dalam amplop merah yang melambangkan keberuntungan di tahun depan. Amplop merah yang dibuka menandakan terbukanya keberuntungan dan harta. Pok choi cracker yang berarti tanah yang dipijak penuh dengan emas, serta minyak lambang menjalani hidup lebih mudah. Siapkan juga aneka sayuran yang dikupas, dicuci bersih kemudian diserut tipis memanjang. Sayurannya bisa bermacam-macam, seperti mentimun, daun bawang, wortel, lobak, seledri, bengkoang, hingga kulit jeruk.
3. Aneka manisan
 Untuk beberapa bahan, seperti kulit jeruk, jahe, daun ketumbar dan jamur enoki, biasanya dibuat manisan dan diberi pewarna makanan. Kemudian, semua sayuran ini ditata di atas piring datar dengan bentuk melingkar. Di bagian tengah, khusus menjadi tempat parutan lobak yang disusun tinggi, dan diberikan parutan wortel di atasnya.
4. Pembuka 
Pertama, piring berisi aneka sayuran diletakkan di atas meja sambil mengucapkan “Gong Xi Fa Cai” (selamat atas kekayaan anda), dan “Wan Shi Ru Yi” (semoga semua harapan bisa terpenuhi). Kedua, Peras air jeruk lemon di atas ikan, mengucap “Da Ji Da Li”, semoga keluarga selalu diberi kebersamaan dan ketentraman. 
 
 5.Meracik 
Ketiga, ikan diletakkan di atas wortel, sambil mengucapkan “Nian Nian You Yu” agar keuntungan berlipat sepanjang tahun. Tambahkan lada dan 5 spice powder pada ikan, mengucapkan “Zhao Cai Jin Bao”, agar harta bertambah. Masukkan minyak dan saus di atas semua bahan dengan gerakan memutar, diiringi dengan “Yi ben Wan Li”, agar keuntungan berlipat ganda.
 
6. Sentuhan akhir
 Selanjutnya, tambahkan bubuk kacang tanah, sambil berkata “Jin Yin Man Wu” agar rumah dipenuhi dengan emas dan perak. Taburkan wijen sambil berkata “Sheng Yi Xing Long”, untuk keberuntungan dalam usaha. Tambahkan pok chui crackers, diiringi dengan “Man Di Huang Jin”, yang bermakna lantai penuh dengan emas.

7. Mengaduk tinggi-tinggi 
Setelah semua bahan lengkap di piring, inilah bagian yang paling seru, yaitu mengaduk Yee Sang bersama! Semua yang ada di meja makan, dengan bantuan sumpit, semua bahan dicampurkan sambil diangkat, bahkan dilempar setinggi-tingginya.  Sambil mengaduk sambil mengucapkan 'lo hey lo hey lo kow fong sang sue hey' yang berarti 'silakan aduk yee sang, makin tinggi makin makmur'.  Konon, makin tinggi adukan Yee Sang, makin tinggi pula rezeki dan kemakmuran yang dicapai di tahun depan!
  img 
 
8. Menyantap bersamaSelesai ritual mencampur dan mengaduk, kini saatnya Yee Sang dinikmati. Campuran bahan yang berwarna-warni membuat piring Yee sang jadi semarak. Rasanya bercampur mulai dari manis, asam hingga pedas, melambangkan kehidupan yang penuh warna. Makan Yee Sang bersama-sama menjadikan suasana jadi hangat sambil mengharapkan berkah di tahun yang akan datang. Gong Xie Fat Chai!
 
 
 
 
 

1 komentar:

Berguna sekali infonya. Kami akan buat bersama di rmh ibu saya pada malam imlek ini bersama anak2. Trm kasih.

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More