Pages

Kamis, 19 Januari 2012

Bawang Putih & Ketumbar Kunci Masakan Aromatik

detail berita

SETIAP bumbu yang digunakan untuk mengolah masakan punya cita rasa dan aroma khas. Namun setidaknya, dua jenis bumbu memiliki fungsi aromatik.

Masakan yang mengundang selera makan bukan sekadar karena rasanya yang enak. Setelah tampilan cantik, tak kalah penting adalah aroma menggoda. Dua bumbu yang berfungsi memberikan aroma sedap pada masakan adalah bawang putih dan ketumbar. Demikian seperti dikutip Times Of India, Kamis (19/1/2012).

Untuk mendapatkan manfaat dari kedua bumbu, caranya tidak sulit. Anda cukup mengiris tipis, mencincang, ataupun menghaluskan bawang putih sekira tiga hingga empat siung sedangkan penggunaan ketumbar bisa dalam bentuk bubuk yang lebih praktis. Ketumbar instan kini banyak dijual di swalayan atau Anda bisa membuatnya sendiri. Caranya, sangrai beberapa sendok ketumbar hingga harum lalu haluskan dan simpan dalam wadah kedap udara. Anda bisa menggunakannya sewaktu-waktu.

Usai kedua bumbu siap, proses penumisan tak perlu lama karena aroma bawang putih dan ketumbar akan hilang di atas api panas. Jangan lupa untuk memerhatikan suhu api. Awalnya Anda bisa menggunakan suhu api besar untuk memanaskan minyak, setelah itu kecilkan api ketika menumis bawang putih, ketumbar, dan bahan-bahan makanan lain yang akan digunakan.




Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More