Pages

Senin, 23 Januari 2012

Citarasa Canton yang Alami Segar a la 'New Era

Citarasa Canton yang Alami Segar a la 'New Era'
Hidangan Canton yang diracik dengan bumbu alami oleh sang chef memberi pilihan yang beragam. Dari ayam goreng berbalut almond, terung dan tofu dimasak dalam hotpot hingga bola udang berisi lelehan keju yang menggoda!

Kembali menyinggahi Xin Hwa yang berlokasi di lantai 2 hotel Mandarin Oriental Jakarta ada suasana segar yang menyambut. Interiornya tampil baru dengan gaya modern dan elegan. Ternyata, bukan hanya itu, di daftar menupun ada banyak yang berubah. Kalau dulu resto ini ternama dengan hidangan Szechuan, kini beragam pilihan hidangan khas Canton menjadi andalan utamanya.

Hidangan khas Canton yang berasal dari propinsi Guangdong, bagian selatan Cina ini memang sudah sangat akrab bagi lidah orang Asia. Gaya memasak dengan bumbu yang sederhana membuat hidangan Canton terasa lebih alami dan segar. Bawang putih, jahe, shoyu menjadi bumbu utama. Sajian tumisan, sup, dikukus dan dipanggang mendominasi menu ini.

Dim sum, sajian mungil khas Canton juga menjadi bagian menu Xin Hwa. Dim sum master chef Wong Pak Khay yang berpengalaman belasan tahun memberikan puluhan jenis dim sum sebagai pilihan. Termasuk Xiao Lung Bao dan Crispy Prawn Balls yang saya cicip.

Kulit xiao lung bao (soup dumpling) terasa lembut, kucuran kaldu dari adonan daging yang jadi isian gurih-gurih hangat. Sedikit shoyu memberi aksen gurih enak pada dumpling yang hangat ini. Kejutan manis justru saya dapat saat menggigit Crispy Prawn Balls. Bola-bola udang ini dibalut potongan dadu roti tawar yang crispy. Saat digigit kejunya leleh melumer hangat mengepul. Gurih udang dan kejupun menyatu dalam satu gigitan.

Dim sum ini menjadi pembuka yang pas untuk menyambut Deep Fried Chicken Fillet with Almond Flakes. Irisan fillet ayam yang lebar tipis tertutup irisan almond yang tipis kecokelatan. Saus Thai yang kecokelatan mengenangi tipis ayam goreng ini. Kriuk renyah almond yang wangi gurih beradu dengan daging ayam yang juicy. Saus yang manis sedikit asam dan pedas memberi aksen unik yang enak di lidah.

Saus asam manis salah satu saus Canton yang populer disajikan dengan takaran seimbang oleh sang chef pada Deep Fried Cod Fish. Irisan fillet ikan cod berbalut tepung tipis, digoreng kering dan dibalut saus asam manis dengan potongan paprika dan bawang bombay. Sapuan saus yang sedikit asam jadi paduan serasi untuk fillet ikan yang gurih renyah.

Demikian juga dengan terung ungu yang terlihat sederhana jadi istimewa. Stewed Eggplant with Spicy Szechuan paste merupakan salah satu dari beberapa hidangan khas Szechuan yang ada dalam menu. Potongan segi empat terung dan tofu yang digoreng, disajikan dalam hotpot yang panas mengepul. Terungnya terasa renyah dengan tekstur lembut tofu ini dibalut saus Szechuan yang pedas-pedas gurih.

Chef Chan Yiu So, sang chef yang berpengalaman lebih dari 20 tahun di Hongkong, Singapura dan Malaysia meracik hidangan Canton dan Szechuan ini agaknya lebih cenderung memberi sentuhan 'Asian Fusion'. Pemakaian bumbu Thai yang beraksen pedas asam pun turut meramaikan saus beberapa hidangan racikannya.

Avocado cream dengan es krim vanila yang manis lembut menjadi penutup. Alpukat halus yang dicampur krim disajikan dengan satu skop vanila. Sesuai dengan namanya Xin Hwa yang berarti 'new era', sajian Canton dengan sentuhan baru tampil suasana baru pun. Khusus selama perayaan Imlek, Yee Shang, racikan salad aneka rupa pun melengkapi pilihan menu Xin Hwa.

Buat pencinta dim sum, aneka dim sum -kukus, panggang, goreng tersaji dalam puluhan jenis. Bisa dinikmati a la carte setiap hari untuk makan siang dan malam atau menu All U Can Eat khusus di hari Minggu pagi. Satu alternatif untuk menikmati hidangan Canton di jantung Jakarta!



Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More