Pages

Jumat, 03 Februari 2012

Nissan Leaf Nismo RC, Upaya Nissan Hadirkan Mobil Balap

Perusahaan manufaktur otomotif tampaknya terus berlomba-lomba untuk membuktikan ke pasar bahwa kendaraan elektrik tidak hanya menawarkan teknologi “hijau”, tetapi juga kecepatan yang dapat bersaing dengan mobil berbahan bakar minyak. Termasuk Nissan yang memodifikasi model Leaf menjadi sebuah mobil balap dengan nama Nissan Leaf Nismo RC. Nissan hanya membangun delapan mobil balap elektrik tersebut dan memamerkannya di Dubai.


Nissan Leaf Nismo RC dilengkapi dengan motor elektrik bertenaga 107hp dan baterai lithium-ion bertenaga 24 kilowatt jam yang dapat diisi ulang hanya dalam waktu tujuh jam. Dalam mode quick-charge, daya baterai ini dapat bertambah hingga kapasitas 80% hanya dalam waktu 30 menit. Semua ini dibenamkan di dalam tubuh unibody berbahan carbon fiber yang menurunkan bobot kendaraan menjadi 933 kilogram.

Sejumlah perubahan secara signifikan dilakukan oleh Nissan dalam menciptakan versi mobil balap Leaf. Dari penurunan ground clearance menjadi 2,4 inci, penggunaan jok balap tipe shell dari Bride, memindahkan dorongan mesin ke ban belakang, hingga layar LCD yang menampilkan informasi statistik mengenai kinerja motor elektrik dan sejumlah informasi lain yang dibutuhkan oleh pengemudi.

Motor elektrik yang digunakan dalam Nissan Leaf Nismo RC mampu mendorong laju mobil balap ini hingga kecepatan maksimum 150 kilometer per jam. Mobil ini juga dapat berlari dari 0—96 kilometer per jam dalam waktu 6,8 detik. Tentunya angka tersebut tidak begitu menarik bagi para penggemar motorsport, tetapi ini merupakan langkah awal yang patut dihargai.



Sumber

0 komentar:

Poskan Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More