Pages

Jumat, 13 Januari 2012

Sambal dan Kafein Bisa Memicu Sering Kencing

img
Buang air kecil memang harus rutin, namun jika terlalu sering akan menjadi gangguan.Selain karena terlalu banyak minum air, ada juga beberapa makanan dan minuman yang memicu sering buang air kecil.

Per harinya, disarankan untuk minum minimal 8 gelas air putih sehari agar tubuh fit dan bebas dehidrasi. Terlalu sering buang air kecil juga membuat tidak nyaman. Karena kita tidak selalu bisa menjangkau toilet dengan mudah. Berikut adalah beberapa jenis makanan dan minuman yang sering menjadi pemicunya.

1.Alkohol
Alkohol harus dihindari jika anda buang air kecil dengan intensitas berlebihan. Alkohol merangsang kandung kemih untuk terus mengeluarkan urin terus menerus. Alkohol juga bisa membuat tubuh dehidrasi serta mengganggu sinyal otak pada kandung kemih. Jika anda mengalami overactive bladder (OAB), sebaiknya jauhi alkohol.
 
2.Kafein 
Kopi, teh, soda, minuman berenergi, dan juga cokelat mengandung karein tinggi. Kafein memicu kandung kemih lebih aktif memproduksi urin. Untuk menyiasatinya, minumlah kopi yang bebas kafein dan juga makan cokelat dengan kafein yang rendah, misalnya white chocolate.
 
 3. Buah yang asam
 Rasa asam pada buah dapat mempengaruhi intensitas buang air kecil. Jenisnya antara lain orange, jeruk nipis, lemon, jeruk bali, dan juga nanas. Buah asam ini dapat menyebabkan buang air kecil terus-menerus.
 
 4.Soda
 Minuman berkarbonasi juga picu seringnya buang air kecil yang berlebihan. Kurangi atau bahkan hindari soda, sparkling water, dan juga champagne, apalagi untuk yang sering kencing dengan intensitas berlebihan. 
 
 5.Makanan kalengan
 Beberapa produk makanan kaleng memang tidak baik bagi kesehatan, salah satunya dapat memicu keinginan buang air kecil terlalu sering. Perasa buatan, pengawet dan bahan tambahan lain dalam makanan kaleng yang jadi penyebabnya.
 
6.Saus dan sambal tambahan
 Sambal yang jadi pelengkap aneka hidangan bisa mempengaruhi seringnya buang air kecil. Mustard, kecap, kecap dan cuka sering mengandung asam.

 



Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More