Pages

Senin, 19 Maret 2012

11 Trik Hemat Belanja & Olah Sayuran

detail berita
MENGONSUMSI sayuran semata alias vegetarian kerap diidentikkan dengan harga yang mahal, padahal tidak selalu demikian. Guna mendapatkan makanan sehat yang menghemat pengeluaran, Anda perlu tahu beberapa triknya.

Simak beberapa kiat menghemat uang saat Anda belanja sayuran, seperti dilansir SparkPeople berikut ini:

Beli dalam jumlah besar
Harga biji-bijian, kacang-kacangan, ragi, dan rempah-rempah lebih rendah harganya, dan Anda bisa membelinya dalam jumlah besar bila menginginkan harga lebih murah.

Cari yang sederhana
Gandum serta kacang bisa dikonsumsi untuk ‘kenyamanan’ pencernaan sekaligus ‘kesehatan’ kantong Anda

Olah sendiri
Anda bisa membuat menu dari sayuran seperti salad. Dengan mengolahnya sendiri, Anda bisa lebih berhemat sekaligus meningkatkan ketrampilan memasak.

Konsumsi musiman
Untuk menghemat biaya, Anda bisa mengonsumsi makanan pada musim tertentu saja.
 
Gunakan semua sayuran


Jika Anda ingin mengolah buah bit dan sayuran, tumis saja atau potong untuk kemudian dibuat salad. Kalau Anda tidak menghabiskan sayurannya, simpan di lemari pendingin dengan cara dimasukkan ke kantong plastik atau tas khusus makanan.
 
Fleksibel


Dalam berbelanja di supermarket, Anda bisa memilih harga yang lebih murah. Namun, Anda tetap harus memperhatikan gizi dan nutrisinya yang seimbang.
 
Kupon


Supermarket biasanya memiliki mesin-mesin kupon otomatis. Dengan mendapatkan kupon, Anda akan jauh lebih berhemat saat berbelanja.
 
Menawar harga


Jika membeli makanan organik, Anda bisa menemukan harga yang lebih rendah. Lakukan saja tawar-menawar, khususnya bila Anda membelinya langsung di petani sayuran.
 
Rincian belanja


Berikan ruang gerak sedikit dalam berbelanja setiap pekannya. Dengan rincian belanja, Anda bisa mengetahui berapa biaya yang dikeluarkan secara keseluruhan.
 
Toko lokal


Para petani sayur terkadang menanam varietas sayuran yang baru dengan harga terjangkau. Saat muncul musiman, Anda bisa mencobanya, apalagi bila jenisnya adalah sayuran yang belum pernah Anda olah. Kenali petani lokal dan temukan sumber daya baru untuk bisa Anda konsumsi sayurannya.
 
Rencanakan menu olahan


Anda bisa memilih bahan makanan apa saja yang tersaji di rak supermarket. Ada baiknya, pilihlah makanan yang bisa cepat diolah lalu buatlah rencana menu selama sepekan kedepan. Jangan lupa buat daftar makanan setiap harinya karena dengan cara ini, Anda menghemat lebih dari 10 persen pengeluaran belanja.



Sumber

0 komentar:

Poskan Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More