Pages

Senin, 19 Maret 2012

Monocasco Concept Bike: Sepeda Motor Konsep dengan Inspirasi dari Monocoque

Jumlah desain sepeda motor balap modern yang terus bertambah, tidak menyingkirkan lekukan desain klasik dari hati para penggemar dan dari benak para produsen sepeda motor. Rancangan tubuh yang terlihat tua dan kuno justru sering kali menarik perhatian, baik mereka yang hidup di era sepeda motor tersebut diluncurkan ataupun mereka yang tumbuh dengan jajaran sepeda motor modern.

Itulah alasan sebuah perusahaan desain yang berbasis di Barcelona, Spanyol, menciptakan sepeda motor yang diberi nama Monacasco Concept Bike. Desain sepeda motor ini mengambil inspirasi dari sepeda motor balap monocoque besutan Ossa, perusahaan manufaktur sepeda motor asal Catalonia yang aktif pada tahun 1924—1982. Sepeda motor balap ini dikendarai oleh Santiago Herrero yang berhasil memenangi empat Grand Prix sebelum mengalami kecelakaan fatal pada tahun 1970.


Berbeda dengan sepeda motor pada umumnya yang menggunakan rangka internal di sekitar chassis, Monocasco Concept Bike didesain dengan rangka eksternal yang menopang tubuh sepeda motor itu sendiri. Walaupun pemilihan desain ini mengakibatkan tenaga yang dihasilkan Monocasco lebih kecil, bobot sepeda motor konsep ini terhitung lebih ringan dibanding kompetitornya.

Meningkatkan mesin satu silinder 250cc dengan girboks enam percepatan, Monocasco Concept Bike dibekali dengan mesin elektrik dan ditargetkan untuk pasar Cafe Racer. Desain sepeda motor konsep ini terlihat seperti gabungan antara sepeda motor Boxx dengan Sanyo Xacti DMXCA — 100 yang membuatnya terkesan klasik, modern, dan aneh. Bagaimana menurut Anda?



Sumber

0 komentar:

Poskan Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More