Pages

Senin, 12 Maret 2012

Simethicone, Pereda Nyeri Akibat Banyak Gas di Lambung

img

Deskripsi

Simethicone digunakan untuk meringankan gejala nyeri dari apabila terlalu banyak gas dalam lambung dan usus.Simethicone juga dapat digunakan untuk kondisi lain yang ditentukan oleh dokter.

Indikasi

Untuk meringankan gejala nyeri dari apabila terlalu banyak gas dalam lambung dan usus.

Hindari makanan yang dapat meningkatkan gas. Kunyahlah makanan secara menyeluruh dan perlahan-lahan. Kurangi menelan udara dengan menghindari minuman bersoda, minuman berkarbonasi. Jangan merokok sebelum makan. Lakukan kebiasaan buang air besar secara teratur dan berolahraga secara teratur.

Efek Samping
Belum ada efek samping yang umum atau penting yang dilaporkan dengan penggunaan obat ini. Namun jika melihat ada efek samping, segera periksa dengan dokter.

Dosis

Untuk gejala terlalu banyak gas:
Bentuk sediaan kapsul atau tablet :
Dewasa dan remaja: 60-125 mg 4 kali sehari sesudah makan dan sebelum tidur. Dosis tidak boleh lebih dari 500 mg dalam 24 jam.
Anak-anak: Dosis harus ditentukan oleh dokter.

Bentuk sediaan tablet kunyah :
Dewasa dan remaja : 40-125 mg 4 kali sehari setelah makan dan sebelum tidur atau 150 mg 3 kali sehari sesudah makan. Dosis tidak boleh lebih dari 500 mg dalam 24 jam.
Anak-anak: Dosis harus ditentukan oleh dokter.

Untuk bentuk sediaan larutan:
Dewasa dan remaja: 40-95 mg 4 kali sehari sesudah makan dan sebelum tidur. Dosis tidak boleh lebih dari 500 mg dalam 24 jam.
Anak-anak: Dosis harus ditentukan oleh dokter.

Sumber: MayoClinic dan berbagai sumber

Komposisi

Simethicone tersedia tanpa resep dokter dalam bentuk kapsul atau tabket dan lerutan. Obat ini juga berguna untuk masalah-masalah medis lainnya. Meskipun tidak tertulis dalam label produk, simethicone digunakan pada pasien tertentu sebelum menjalani tes gastroskopi dan radiografi usus


Sumber

0 komentar:

Poskan Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More