Pages

Senin, 19 Maret 2012

Ini Dia Daftar Restoran Tertua di Dunia!

img
Beberapa resto di dunia usianya mencapai 5 abad lebih. Tak mudah mempertahankan bisnis restoran hingga beberapa generasi. Kualitas makanan dan pelayanannya nyaris tak berubah. Inilah yang terjadi di resto tertua di Spanyol, Amerika, hingga di Indonesia.

Memulai bisnis restoran memang mudah tetapi menjaga kualiatas makanannya selama puluhan tahun bahkan ratusan tahun perlu kerja keras dan kecintaan. Itulah yang terjadi pada 6 resto tertua di dunia ini.

img
1. Musso and Frank, HollywoodRestoran ini boleh dibilang merupakan yang tertua di Hollywood, Amerika. Musso and Frank didirikan tahun 1919 oleh Frank Toulet yang bergabung dengan pengusaha restoran asal Oregon, Joseph Musso. Saat awal berdirinya restoran tersebut dikomandoi oleh chef asal Perancis, Jean Rue dengan menawarkan menu-menu yang hampir sebagian besar tidak berubah hingga kini. Para pesohor Hollywood pun tak jarang yang berkunjung ke Musso and 
 
img
2. Karims, IndiaIndia punya restoran tertua dan menjadi tempat favorit pengunjung hingga kini yaitu Karims. Restoran yang terletak di belakang Jama Masjid ini menyisakan arsitektur Mughal masa lalu. Saat mampir berbagai aroma rempah bakal menyergap hidung para pengunjung yang datang. Karims didirikan tahun 1913 oleh Haji Karimuddin yang punya menu istimewa berupa tandoori bakra yang harus dipesan 24 jam sebelumnya. Woww!

img
3. Hong Chang Xing Mutton Hot Pot, ShanghaiKota Shanghai punya restoran hot pot tertua di dunia yang pertama kali dibuka tahun 1891. Uniknya lagi restoran ini menyajikan menu halal bagi para konsumen muslim. Hingga kini Hong Chang Xing Mutton Hot Pot telah memiliki 3 outlet lainnya. Selain itu mereka juga menawarkan berbagai menu dumpiling yang tak kalah populer.
 
img
4. Owariya, KyotoOwariya adalah restoran Soba tertua di Jepang yang berusia lebih dari 540 tahun. Owariya sebenarnya bermula dari sebuah toko permen hingga akhirnya menjadi sebuah restoran. Konon restoran soba ini pernah melayani para kaisar, shogun, dan juga para pendeta di Kyoto. Tak heran jika para turis yang berkunjung ke Kyoto banyak yang mampir untuk mencicipi mi soba di restoran tertua di Kyoto ini.
 
img
5. Sobrino de Botin, SpanyolRestoran Sobrino de Botin didirikan oleh seorang pendatang dari Perancis bernama Jean Botin dan istrinya pada tahun 1725. Salah satu hidangan Botin yang sangat terkenal adalah menu Cochinillo Asado alias Roasted Suckling Pig. Hingga kini de Botin masih beropersi dan menjadi salah satu tujuan bagi para turis saat berkunjung ke Madrid.
img
6. Toko Oen, IndonesiaKalau di Indonesia  Toko Oen masuk menjadi salah satu restoran yang tertua di dunia. Toko Oen didirikan tahun 1910 oleh ibu Liem Gien Nio alias Oma Oen di Yogyakarta. Meski baru pada tahun 1922 toko yang menjual kue-kue dan roti jadoel ini dilengkapi dengan toko es krim dan restoran. Sayang toko tersebut harus tutup di tahun 1958, namun Toko Oen yang didirikan pada 16 April 1936 di Semarang masih bertahan hingga kini. Kalau ke Semarang jangan lupa mampir ya?



Sumber

0 komentar:

Poskan Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More