Pages

Senin, 19 Maret 2012

Trik Tetap Sehat Meski Kurang Tidur

img
Tidur memainkan peran yang penting untuk menjaga kesehatan seseorang secara keseluruhan. Tapi beberapa orang ada yang mendapatkan jumlah waktu tidur sedikit. Bagaimana cara tetap sehat meski kurang tidur?

Jika seseorang tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup, maka ia akan merasa lelah, lesu, murung, mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi serta ada kemungkinan lebih sering sakit karena daya tahan tubuh yang menurun.

Meski begitu ada beberapa hal yang bisa dilakukan seseorang agar tubuhnya tetap sehat walaupun mendapatkan waktu tidur yang kurang, seperti dikutip dari Livestrong, Senin (19/3/2012) yaitu:

1. Sebisa mungkin mendapatkan waktu untuk tidur siang
Jika memang tidak mendapatkan waktu tidur malam yang cukup, maka cobalah mendapatkan sedikit waktu untuk tidur siang meski hanya 15 menit.

Hal ini bisa membantu mengisi ulang tenaga dan otak serta mempersiapkan tubuh untuk beberapa jam berikutnya.

2. Melakukan olahraga setiap hari
Olahraga yang dilakukan tak harus berat atau yang kuat, tapi bisa dengan pergi jogging atau bersepeda di sekitar lingkungan selama 30 menit.

Ini akan membantu Anda mengeluarkan energi berlebih di tubuh sehingga bisa tidur cepat dan mendapatkan waktu tidur yang cukup.

3. Hindari makan sebelum tidur
Usahakan untuk makan atau cemilan terakhir dilakukan setidaknya 2 jam sebelum tidur. Hal ini untuk memastikan saat tidur, tubuh akan istirahat dan tidak melakukan proses pencernaan yang berat, sehingga tidur lebih nyenyak dan merasa lebih segar saat bangun di pagi hari.

4. Jangan konsumsi stimulan sebelum tidur
Secangkir kopi termasuk salah satu stimulan, kalau ingin konsumsi kopi sebaiknya 6 jam sebelum tidur.

Hal ini karena jika dikonsumsi terlalu dekat dengan waktu tidur bisa mengganggu kualitas dan kuantitas tidur.

5. Rileks sebelum tidur
Usahakan untuk mematikan komputer, televisi dan elektronik lainnya 1 jam sebelum tidur karena melihat layar atau cahaya bisa mengelabui otak untuk berpikir bahwa hari masih terjaga.

Sedangkan meredupkan lampu dan mematikan elektronik bisa menenangkan pikiran dan tubuh dan kualitas tidur akan meningkat.


Sumber

0 komentar:

Poskan Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More