Pages

Senin, 19 Maret 2012

Kurang Nutrisi dari Sayuran Bisa Cuma Gara-gara Masalah Gigi

img
Masalah pada organ-organ yang terlibat pada proses pengunyahan, tentunya dapat mempengaruhi asupan nutrisi. Seperti halnya, pada seseorang yang banyak kehilangan gigi tentunya akan lebih sering menghindari makanan yang lebih susah dikunyah.

Orang-orang yang mengalami kesulitan mengunyah tentunya dapat kekurangan asupan dari jenis-jenis makanan yang sering dihindari. Makanan yang cenderung sulit dikunyah, kebanyakan berasal dari jenis sayur, buah dan daging-dagingan.

Hampir semua jenis buah dan sayuran banyak mengandung vitamin dan mineral. Maka jika menghindari mengonsumsi buah dan sayuran, tentunya tubuh akan banyak kekurangan asupan vitamin dan mineral. Hal tersebut pada waktunya akan menyebabkan gangguan keseimbangan nutrisi.

Orang tua atau lansia yang banyak kehilangan gigi dan mengalami kesulitan mengunyah seringkali mengalami kekurangan asupan nutrisi tertentu. Umumnya para lansia mengalami kekurangan asupan nutrisi dari jenis makanan padat dan keras, seperti sayur, buah dan daging.

Anak-anak juga seringkali pilih-pilih makanan karena kadang malas mengunyah makanan yang sulit dicerna. Oleh karena hal tersebut, maka seringkali orang tua merasa kesulitan ketika mengenalkan sayuran dan buah pada anak. Kadang-kadang kebanyakan anak lebih cenderung memilih makanan yang tidak sulit untuk dikunyah.

Ada banyak alasan mengapa anak-anak dengan kebutuhan khusus mungkin pilih-pilih makanan. Integrasi Gangguan sensorik, yang menyertai spektrum yang luas dari cacat, dapat menyebabkan hipersensitivitas pada tekstur, suhu dan bau dari makanan. Atau sebaliknya, dapat menyebabkan kurangnya kepekaan terhadap tekstur, rasa dan bau makanan.

Untuk menghindari kekurangan nutrisi dari jenis makanan yang sulit dikunyah, maka dapat dilakukan dengan mengolah makanan tersebut menjadi lebih lunak. Misalnya, bagi orang yang kesulitan mengunyah buah dan sayur dapat mengganti asupan buah dan sayur dengan mengonsumsinya dalam bentuk buah dan sayur.

Tindakan perbaikan kesulitan mengunyah dari segi rongga mulut dapat dilakukan dengan cara seperti dikutip dari BBCHealth, Senin (19/3/2012) antara lain:

1. Menjaga gigi tetap sehat.
2. Jika gigi telah banyak yang tanggal, maka pastikan untuk memakai gigi palsu yang dapat digunakan untuk melakukan fungsi pengunyahan yang baik.

Selain itu, kondisi sakit di rongga mulut atau kurangnya air liur juga dapat menyebabkan kesulitan mengunyah. Jika hal tersebut terjadi, maka sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter gigi.


Sumber

0 komentar:

Poskan Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More