Pages

Senin, 19 Maret 2012

Tak Diduga-duga Cara Begini Bisa Cegah Keriput

img
Jakarta - Banyak cara yang dilakukan kaum hawa untuk dapat mencegah datangnya keriput agar selalu tampak awet muda, mulai dari terapi murah hingga yang paling mahal sekalipun. Namun ada beberapa cara tak terduga yang juga bisa mencegah keriput.

Normalnya seiring bertambah usia maka sedikit demi sedikit keriput atau kerutan di wajah akan timbul. Kondisi ini tentu membuat seseorang tidak lagi terlihat muda, karenanya berbagai cara dilakukan untuk mencegah datangnya keriput.

Berikut 6 cara tak terduga yang bisa mencegah datang keriput, seperti dilansir webmd, Senin (19/3/2012):


img
1. Tidur telentang
American Academy of Dermatology (AAD) memperingatkan bahwa posisi tidur tertentu dapat menyebabkan 'garis tidur', yaitu kerutan yang terukir di permukaan kulit dan tidak hilang begitu Anda sudah bangun.

Tidur miring dapat menimbulkan kerutan pada pipi dan dagu, sementara tidur telungkup membuat kening berkerut. Untuk mengurangi pembentukan kerutan, AAD merekomendasikan untuk tidur terlentang.

img
2. Makan lebih banyak ikan
Ikan air dingin seperti salmon tidak hanya menjadi sumber protein, tapi juga merupakan sumber penting asam lemak esensial atau dikenal sebagai omega-3. Dokter kulit Nicholas Perricone, MD, memberitahu bahwa asam lemak esensial memberi nutrisi pada kulit sehingga membuatnya tetap muda, serta juga membantu mengurangi keriput.

img
3. Jangan suka menyipitkan mata
AAD mengatakan pergerakan wajah repetitif seperti menyipitkan mata akan membuat otot wajah bekerja berlebihan, membentuk alur di bawah permukaan kulit. Alur ini pada akhirnya menjadi kerutan.

Buatlah mata Anda tetap lebar, pakailah kacamata baca jika Anda membutuhkannya. Bila perlu gunakan kacamata hitam saat beraktivitas di luar ruangan, yang dapat melindungi kulit di sekitar mata dari kerusakan akibat sinar matahari dan mencegah Anda menyipitkan mata.

img
4. Konsumsi kopi atau cokelat
Dalam studi yang dipublikasikan dalam Journal of Nutrition edisi 2006,  peneliti menemukan bahwa kakao (cokelat) banyak mengandung dua jenis flavonol (epicatchin dan catechin) yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, perbaikan sirkulasi ke sel kulit, memperbaiki hidrasi dan membuat kulit terlihat dan terasa halus.

img
5. Jangan terlalu sering mencuci muka
Menurut ahli kulit dari University of Maryland Medical Center, sering mencuci muka dengan menggunakan air keran dapat merampas minyak alami dan kelembaban kulit yang melindungi terhadap keriput.


img
6. Konsumsi makanan berbahan kedelai
Penelitian menunjukkan bahwa kedelai dapat membantu melindungi atau menyembuhkan beberapa kerusakan kulit akibat matahari.

Satu studi yang dipublikasikan dalam European Journal of Nutrition, menyebutkan bahwa suplemen berbahan dasar kedelai (di mana didalamnya terkandung vitamin, protein ikan, dan ekstrak dari teh putih, biji anggur, dan tomat) dapat memperbaiki struktur kulit dan ketegasan hanya dalam waktu 6 bulan.

Sumber

0 komentar:

Poskan Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More