Pages

Kamis, 08 Maret 2012

Cegah Wabah Anorexia, Orang Kurus Sebaiknya Dilarang Jadi Model

img


Berbagai iklan di majalah, televisi dan peragaan busana banyak menggunakan wanita kurus sebagai modelnya. Penelitian menemukan bahwa melarang model yang sangat kurus untuk berlenggak-lenggok di atas catwalk dan berfoto untuk majalah dapat mencegah wabah anoreksia.

Anoreksia atau lebih lengkap disebut anoreksia nervosa adalah gangguan psikologis di mana penderitanya bersikeras menahan lapar dan sangat takut apabila mengalami pertambahan berat badan. 90% kasus anoreksia nervosa dialami oleh wanita muda yang terpengaruh oleh ukuran dan berat badan teman sebayanya.

Penelitian yang dipelopori Dr Joan Costa-Font dan Profesor Mireia Jofre-Bonet dari City University ini mempelajari hampir 3.000 orang perempuan muda di Inggris dan seluruh Eropa. Mereka menemukan bahwa lingkungan mempengaruhi keputusan perempuan muda untuk melaparkan diri sendiri agar mencapai bentuk tubuh yang dianggap ideal.

Menurut para peneliti, anoreksia adalah penyakit menular sosial dan banyak dijumpai di negara-negara seperti Perancis, dimana para wanitanya lebih kurus dibandingkan kebanyakan wanita di Eropa lainnya. Gangguan ini kebanyakan mempengaruhi wanita yang berusia 15 hingga 34 tahun.

"Mengurangi persebaran foto model dan selebriti kurus serta membatasi iklan yang menonjolkan gambar wanita kurus bisa mengurangi tekanan sosial pada wanita yang sangat ingin menjadi kurus. Di beberapa negara Eropa, telah terjadi perdebatan tentang hal ini, terutama karena seorang model asal Brazil, Ana Carolina Reston, meninggal karena anoreksia pada tahun 2006," kata Dr Costa-Font seperti dilansir The Guardian, Kamis (8/3/2012).

Anoreksia dan gangguan makanan lain seperti bulimia nervosa ditandai dengan persepsi tubuh yang terganggu dan disertai obsesi untuk mengurangi asupan makanan. Bulimia nervosa adalah kecenderungan untuk memuntahkan kembali seluruh makanan setelah dimakan dengan sengaja.

"Kami menemukan bukti bahwa tekanan sosial dari teman sebaya merupakan faktor penting yang mempengaruhi anoreksia nervosa dan perubahan persepsi diri seorang wanita terhadap tubuhnya sendiri," kata Dr Costa-Font.

Para peneliti menemukan bahwa wanita di Austria menempati peringkat sebagai wanita yang paling kurus. Rata-rata indeks massa tubuh (IMT) wanita Austria ini sebesar 23,67, sedangkan rata-rata IMT wanita di Eropa adalah 25. Sedangkan rata-rata wanita dengan IMT terendah ada di Italia dengan poin sebesar 21,40. Tingkat anoreksia tertinggi adalah di Austria, Italia dan Irlandia.

Di Inggris, rata-rata IMT wanita adalah 25,98 dan merupakan yang tertinggi di antara 17 negara dalam penelitian. Untuk jumlah keseluruhan wanita anoreksia, Inggris menempati peringkat ke-12 dengan presentase sebesar 0,34%. Wanita Austria yang mengalami anoreksia sebanyak 1,35% di antara semua wanita dan 4,02% di antara para wanita muda.



Sumber

0 komentar:

Poskan Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More