Pages

Senin, 19 Maret 2012

Perangkat Mobile Meningkatkan Pendapatan Perusahaan Sebesar USD2,01 Miliar

Orang-orang berbaju kantor membawa smartphone dan tablet bukanlah pemandangan baru lagi. Perkembangan perangkat mobile sudah melampaui fungsi komunikasi wireless dan memberikan beragam fungsi tambahan yang menunjang gaya hidup, serta pekerjaan pengguna. Namun, seberapa besar pengaruh kehadiran perangkat-perangkat tersebut bagi kinerja perusahaan? Sebuah infographic menjawab pertanyaan tersebut.
Laptop merupakan bentuk perangkat mobile terlama yang tampaknya sudah mulai ditenggalamkan oleh kehadiran jajaran smartphone dan tablet. Terhitung sekitar 58% karyawan yang sering bepergian ke luar kantor tidak membawa laptop untuk mengurangi beban bawaan dan meningkatkan mobilitasnya. Sebagai gantinya, mereka memanfaatkan smartphone yang memberikan sejumlah fungsi praktis.

Pada umumnya, smartphone sudah dibekali dengan kamera beresolusi tinggi, bahkan beberapa di antaranya diklaim dapat menggantikan fungsi kamera saku. Dengan kamera tersebut, karyawan dapat mengabadikan, menganalisis, dan mengelola informasi secara real-time. Selain itu, smartphone yang dilengkapi fungsi GPS dapat mengurangi konsumsi bahan bakar, serta meningkatkan kecepatan karyawan dalam melayani pelanggan.
Melalui smartphone, lalu-lintas informasi bisnis dapat terjadi dengan instan. Karyawan tidak perlu lagi bersandar kepada komputer, melainkan dapat memeriksa dan mengirimkan email langsung dari smartphone. Melalui perangkat ini, terhitung sebanyak 45% karyawan menghubungkan email kantor ke smartphone mereka dan 70% memeriksa email tersebut di luar jam kerja.

Penggunaan perangkat mobile dalam dunia kerja semakin terasa dengan kehadiran tablet yang menggabungkan bentuk portable sebuah smartphone dengan fungsi laptop. Para karyawan yang menciptakan konten melalui perangkat mobile, menuliskan email panjang dengan tautan, dan menggunakan beragam aplikasi bisnis memperoleh manfaat maksimal dari perangkat tersebut.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di University of Texas, penggunaan perangkat mobile untuk mengakses dan memaksimalkan data perusahaan dapat meningkatkan pendapatan per tahun sebesar 10%, atau setara dengan USD2,01 miliar. Sayangnya, 45% TI perusahaan belum siap untuk menunjang transisi ke perangkat mobile dengan alasan keamanan, biaya, dan keahlian karyawan.



Sumber

0 komentar:

Poskan Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More