Pages

Senin, 05 Maret 2012

Saatnya Kuliner Indonesia Dipromosikan Kepada Dunia

Saatnya Kuliner Indonesia Dipromosikan Kepada Dunia
Selain alam, Indonesia juga sangat kaya akan kuliner lokal yang bercitarasa unik. Kuliner juga menjadi salah satu wisata minat khusus Indonesia. Karena itu kuliner sudah saatnya lebih serius diperkenalkan pada dunia internasional.

Dalam acara jumpa pers di Gedung Sapta Pesona lantai 16, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Senin (5/3/2012), Menparekraf Mari Elka Pangestu menegaskan bahwa kuliner sebagai salah satu wisata minat khusus yang tidak kalah penting. Ini merupakan cara ampuh untuk memperkenalkan kelezatan kuliner Indonesia di mata dunia.

"Kita punya banyak kuliner, seperti nasi goreng, sate, rendang, kopi luwak dan kopi Toraja, yang relatif sering kita gunakan dalam acara menyambut tamu-tamu internasional," ujar Mari.

Cara tersebut terbukti cukup ampuh dalam memperkenalkan kuliner Indonesia. Kuliner Indonesia memiliki cita rasa yang tinggi. Tak heran, rendang dari Padang telah menjadi salah satu kuliner terenak di dunia.

"Kita juga punya diplomasi kuliner, yaitu salah satu cara efektif untuk mengembangkan kuliner dengan mengirim chef Indonesia ke luar negeri" lanjut Mari.

Diplomasi kuliner ini dilakukan dengan cara mengirimkan chef-chef terbaik Indonesia ke luar negeri. Chef yang dikirim akan mengenalkan dan berbagi resep-resep kuliner Indonesia kepada chef-chef internasional. Chef Indonesia dikirim ke beberapa hotel di luar negeri, kemudian mengajarkan beberapa resep unggulan Indonesia kepada chef setempat.

Dengan cara tersebut, diharapkan chef-chef internasional dapat mengenal dan memahami cara pembuatan berbagai hidangan Indonesia. Hal ini juga bertujuan untuk lebih memperkanalkan kelezatan kuliner Indonesia pada masyarakat dunia. Wisata kuliner juga akan menjadi daya tarik khusus wisman saat berkunjung ke Indonesia.



Sumber

0 komentar:

Poskan Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More